INFO MARKAS

Share Your Mind #09 "MIRISNYA AGAMA BERDAMPAK TERHADAP PERUBAHAN PADA ETIKA & MORAL REMAJA DI DAERAHKU"


Oleh : Djaja Suparman dan Ulfa Tussaliha
PMR SMAN 9 Bulukumba

Kejadian semacam ini mulai Nampak ± 5 tahun belakangan ini. Dimana, sudah banyak pelajar dan pemuda yang ilmu tentang agamanya sudah tidak berisi lagi. Sehingga terdapat sejumlah pelajar yang Etika dan Moralnya sudah tidak seperti lagi dengan manusia pada umumnya, “Astagfhirullah”. Disini kami bertanya-tanya, hal apa yang menyebabkan banyaknya anak yang Moral dan Etikanya berubah hingga 180◦. Ataukah pelajaran tentang agama di Sekolahnya kurang diajarkan ataukah memang anak tersebut yang memang kurang paham akan pentingnya agama itu.
Hal ini tidak bisa dikembalikan kepada guru agama dan menyalahkannya, karena apa? karena seperti yang kita ketahui bahwa tidak ada seorang guru yang ingin melihat siswanya hancur dan menyepelehkan siswanya. Tetapi kalau memang ada itupun sangat sedikit atau 1 : 1000  “ Naudzubillah “.
Guru memang menjadi jembatan agar terciptannya suatu etika dan moral yang baik, karena disekolah mereka menjadi orangtua kedua siswa-siswi, sehingga siswa-siswi hendaklah menghormati dan menaati guru-gurunya.
Tetapi seiring dengan berkembangnya zaman, itu semua perlahan sedikit berubah. karena menurut pengamatan kami dengan teman-teman, itu semua berubah karena pengaruh dari film-film yang mereka tonton dan seiring dengan perkembangan zaman.
Seperti yang terjadi di sekolahku banyak sekali kejadian yang bertentangan dengan agama, adapun contohnnya :
Ø  Pengomsumsi barang haram

    Adapun contoh yang kami temukan di lingkungan sekitar kami yakni;
1)      Pengomsumsi komix
   Berdasarkan pengamatan dan info yang kami dapat dari beberapa siswa SMA Negeri 9 Bulukumba, di lingkungan sekolah kami sudah banyak siswa yang sering mengkomsumsi “komix secara berlebihan. Komix merupakan suatu obat batuk yang didalamnya terkandung suatu bahan yang apabila dikomsumsi dalam jumlah yang banyak dapat menyebakan seseorang menjadi ketagihan, hilangnya kesadaran, merasa ngantuk, mata merah dan dapat menyebkan ketergantungan bagi seseorang. Menurut informasi yang kami dapat, cara penggunaannya yaitu dengan meminum langsung dalam jumlah banyak atau dengan mencampurnya dengan minuman seperti Teh gelas, Coca-cola, sprite, fanta dan beberapa jenis minuman lainnya.
2)      Menghisap lem fox
   Semakin hari tindakan para siswa semakin berbahaya, mengapa? kita lihat saja selain minum komix siswa juga melakukan tindakan yang lebih berbahaya lagi yaitu menghisap lem fox, apa sekarang lem fox sudah berubah fungsi ? yang dulunya digunakan sebagai bahan perekat dari benda yang satu ke benda yang lain. Sekarang malah digunakan oleh siswa sebagai obat penenang. Dan siswa juga mulai kecanduan dengan tindakan seperti ini.
3)      Peminum Ballo’
Di sekolah kami ada beberapa siswa yang sering sekali mengonsumsi ballo pada saat ia pulang sekolah, ya ballo mungkin anda kurang mengerti dengan nama ini, jadi ballo adalah minuman yang berasal dari air aren yang difermentasikan sehingga menjadi pahit dan kecut yangmembuat siapapun orang yang meminumnnya menjadi mabuk, jadi ballo termasuk minuman yang haram karena memabukkan, bahkan yang lebih luar biasannya lagi tanpa memikirkan resiko para remaja siswa ini berani mencuri ternak unggas orang lain hanya untuk dinikmati bersama ballo. Mereka melakukan ini biasannya pada malam hari di tempat nongkrong mereka lalu setelah itu mereka akan mabuk-mabukan di lingkungan sekitar dan menggangu ketenangan orang lain.tak berhenti sampai disitu, mereka juga akan menantang setiap orang yang melintas untuk berkelahi serta membawa benda-benda tajam.

Ø  Pacaran
Pacaran ! kata pacaran sudah tidak asing lagi bagi kalangan remaja dan sudah menjadi hal yang wajar. Menurut kami, pacaran itu wajar-wajar saja bagi kalangan remaja selagi model pacarannya tidak melebihi batas-batas yang ditentukan. Sebagian besar berpendapat bahwa dengan berpacaran mereka merasa ada yang memperhatikan setiap harinnya dan juga ada yang melindungi dari gangguan dari siswa-siswa lain, akan tetapi,pacaran yang berlebihan adalah hal yang sudah tidak wajar lagi, serta pacaran yang berlebihan akan berdampak buruk tentunya bagi  diri sendiri, nah hal ini juga termasuk perilaku beresiko. Karena dapat berpeluang untuk mendatangkan kerugian saat ini dan  dimasa yang akan datang., baik pada diri sendiri,keluarga, maupun orang lain. Seperti kehilangan masa depan, rasa malu, dan lain sebagainnya, model pacaran inilah yang marak terjadi dikalangan remaja masa kini dan inilah suatu masalah yang harus segera ditangani sebelum para generasi-generasi pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa kehilangan masa depan hanya karena model pacaran yang berlebihan jangan sampai mereka hanya bisa menciptakan keturunan namun tak bisa memberinnya kehidupan yang layak.

Ø  Pencurian alat-alat motor
   Kejadian seperti ini sudah tidak asing lagi disekolah kami karena hampir setiap bulan pasti ada yang menjadi korban dan ini sangat meresahkan para warga sekolah, pelaku memang sudah di ketahui  oleh beberapa siswa namun yang menjadi kendala adalah para pelaku mengancam memukul jika ada yang berani membocorkan perilakunya ini kepada pihak guru jadi mereka memilih diam dari pada harus jadi korban pemukulan, menurut informasi  yang kami dapat pelakunya adalah para pengonsumsi ballo sendiri yang ketika mereka sudah tidak punya uang untuk membeli ballo mereka akan mencuri peralatan motor seperti kaca spion dsb, lalu mereka menjualnya dengan harga yang lumayan tinggi.
Ø  Lompat pagar
Melompati pagar sering sekali terjadi di sekolah hal ini dilakukan siswa dengan tujuan untuk bolos, jika mereka bolos lalu kemudian pulang kerumah mungkin masih untung sedikit tapi jika mereka hanya nonkrong bersama teman-temannya sekedar berkumpul untuk merokok atau mengonsumsi komix bersama, hal ini masih belum bisa dirubah oleh kalangan remaja sebenarnya apa keuntungan yang kita dapatkan ketika bolos ? merasa bangga, merasa jago ? itukah yang disebut dengan keuntungan ? yang ada ini hanya akan menimbulkan suatu kerugian harus ketinggalan pelajaran, mendapat masalah, orangtua akan dipanggil hanya sekedar menghadap mendengar berita buruk yang kita lakukan sehingga orangtua akan sangat merasa malu dan kecewa, inikah balasan yang kita berikan kepada orangtua setelah apa yang mereka berikan kepada kita mereka membanting tulang mencari uang untuk membiayai sekolah kita namun kita tak pernah memikirkan betapa siksanya orangtua kita sedang kita seenaknya menghabiskan uang hanya sekedar mendapat kesenangan sesaat.

Adapun solusi yang kami tawarkan yaitu berupa :       
1.    Kami melakukan penyuluhan dengan melibatkan pihak kepolisian, dinas kesehatan, Badan narkotika Kabupaten dan tokoh agama.
2.      Mengaktifkan organisasi PKS (patroli keamanan sekolah)
3.      Mengaktifkan peran Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R)
4.      Pemasngan baliho/poster-poster
5.      Pemanfaatan Mading
6.      Pemanfaatan Papan Bimbingan
7.      Menghadirkan tokoh karir.


3 komentar :

  1. mantap diks, tingkatkan kreatifitasnya...

    BalasHapus
  2. S9B PASTI BISA..
    we are the best. AKU, KAMU DAN KITA SEMUA PASTI BISA.
    menjadi generasi yang akan mebanggakan bangsa dimasa depan
    aminnnn
    bulan MISRA

    BalasHapus
  3. S9B pasti bisa
    aku, kamu dan kita semua akan menjadi generasi yang akan membanggakan bangsa di masa depan
    fighting..
    bulan MISRA

    BalasHapus

 
Back To Top