INFO MARKAS

Share Your Mind #10 "BULLYING"


Oleh : Syamsinar dan Fitriani
PMR SMAN 9 Marusu Maros


      Aksi bullying memiliki potensi terjadi lebih dari sekali pada orang yang sama atau berbeda.pelaku bully menggunakan kekuatannya melakukan kekerasan.mengotrol,merugikan atau mempermalukan orang lain.
             Banyak orang beranggapan perilaku bullying hanya berupa kekerasan fisik.misalnya memukuli seseorang atau menampar seseorang.tetapi perilaku bullying juga bisa memberi surat ancaman atau pesan ancaman melalui account media social.
Ada beberapa kategori bullying,yang sekarang menimpah anak-anak remaja saat ini dan  masyarakat di daerah kami(MARUSU-MAROS) serta di account social media dan mungkin juga terjadi di sekolah atau di daerah lain.yaitu:
1.      FISIK
        Dalam kebanyakan kasus yang terjadi di sekolah kami dan daerah Marusu-Maros.Pelaku memiliki fisik yang lebih besar dari korban dan melakukannya secara berkelompok.Biasanya tujuannya adalah untuk dapat seterusnya mengotrol kehidupan korban.misalnya agar korban menuruti keinginan pelaku.contohnya mengerjakan tugas sekolah,dan meminta korban menuruti semua keinginan sang pelaku yang tidak masuk akal dan merugikan korban.
2.      VERBAL
         Kebanyakan orang yg menjadi pelaku kasus bullying di sekolah kami yaitu,memiliki rasa kepercayaan diri yang rendah,sehingga mereka perlu menyerang atau merendahkan orang lain agar kelas sosial mereka menjadi meningkat dan mersa diri mereka lebih baik.
Contohnya pelaku merasa dirinya kurang menarik sehingga iri dan tidak suka pada orang lainyang lebih menarik darinya.Agar merasa dirinya lebih baik.

3.      EMOSIONAL
      Kasus bullying jenis ini,disekolah kami.Pelaku lebih sering langsung menyerang korban pada tingkat emosional.Emosional terjadi di suatu hubungan,seperti percintaan,dimana seseorang membuat pertanyaan atau tindakan untuk menyakiti pasangannya.

4.      CYBERBULLYING
      Ini adalah jenis Bullying paling sering terjadi di era sekarang,zaman teknologi.Cyberbully adalah bentuk intimidasi yang menggunakan account sosial media bagi remajadi sekolah kami.bahkan tidak Cuma remaja saja tapi artis juga seringkali mengalaminya,pelaku biasanya mengancam atau menyebarkan foto milik pribadi serta berita yang tidak benar.

Ada beberapa tanda-tanda bahwa kita atau orang lain sedang melakukan cyberbullying:
1.      Menyebarkan gosip di socmed
2.      Mengirim pesan kasar yang menyinggung perasaan orang lain
3.      Membajak akun sosial media
4.      Membuat club haters
5.      Meng-hack akun sosial media seseorang
6.      Menyebarkan foto palsu atau editan yang dapat membuat seseorang tak nyaman dengan foto itu.
  Banyak sekali anak remaja zaman sekarang menjadi pembully di kategori cyberbully,jika hal ini terus terjadi maka anak remaja sekarang yang menjadi korban cyberbully terkena dampak yaitu:akan merasa terasing dan tidak punya teman,malas membuka akun socmed,tidak mau sekolah dan prestasi menurun serta mersa depresi. 

Ada beberapa alasan seseorang jadi pem-Bully,yaitu:
1.      menutupi kelemahan diri sendiri
2.      Tidak puas dengan kehidupannya
3.      Iri dan gampang emosi
4.      Pembuktian pada teman
5.      Balas dendam
6.      Akrab dengan bullying
7.      Kurang perhatian orang tua
8.      Kurang percaya diri

SASARAN EMPUK BULLYING
1.      Keunikan fisik
2.      Susah beradaptasi
3.      Prestasi Akademis
4.      Perbedaan Ras atau Suku

     KETIKA TEMAN MEMBULLY
1.      Ajak di bicara
2.      Cari tahu alasannya
3.      Jangan jauhi pembully
4.      Tidak mengikuti membully
5.      Cari bantuan/menelpon seseorang yang bisa membantu

Ada beberapa efek yang di rasakan korban bullying,yaitu:
1.      Tidak nyaman berada di lingkungan sekolah
2.      Prestasi menurun
3.      Lebih tertutup dan menghindari orang-orang
4.      Depresi dan kehilanagan percaya diri
5.      Kesehatan terganggu
6.      Tidak mudah percaya
7.      Rasa cemas berlebihan
8.      Memicu rasa ingin balas dendam dan depresi berat

Beberapa efek yang dirasakan pelaku dengan membully orang lain,yaitu:
1.      Mendorong untuk selalu terlibat perkelahian di sekolah
2.      Penyalahgunaan obat-obatan terlarang
3.      Penurun prestasi di sekolah
4.      Mencoba seks dini
      Daripada membully lebih baik kita melakan hal-hal yang menyenangkan,membuat kita menjadi terhindari dari yang namanya bullying.misalnya kita menuangkan imajinasi kita seperti membuat karya seni,photoshop,atau hal-hal yang membuat hati kita senang dari beban pikiran.

SOLUSI UNTUK MENGHADAPI BULLYING
1.      menelpon orang terdekat yang dapat kita percaya
   dengan cara ini kamu bisa terbebas dengan yang namanya bullying.Pada saat ada segerombolan orang-orang yang ingin membully kamu,kamu bisa pura-pura pasang hedset dan langsung menelpon orang yang kamu percayai itu terus berpura-pura deh,dengerin musik tapi tetap beri tau orang yang kamu telpon bahwa kamu sedang dibully atau minta bantuannya sambil itu kamu bisa jalan dan melewati segerombolan orang itu.
2.      Pura-pura gak dengar
Cara ini,bisa juga kamu lakuin tanpa minta bantuan seseorang atau menelponnnya.Saat pelaku mendekat dan melancarkan aksinya,usahakan sebisa mungkin enggak memasang wajah yang tegang atau wajah ketakutan dan berpura-pura gak dengar apa yang mereka bicarakan serta pikirkan moment atau kenangan yang membuat kita PD dan bahagia.ketika pelaku mengeluarkan respon gak usah dengerin dan meresponnya,biarin aja.pasti pelaku gak jadi membully kita soalnya kita gak ngerespon si pelaku.
3.      Just RUN atau lari dari si pelaku bullying
     Bahasa kerennya adalah kabur.kita bisa melakukan aksi ini jika benar-benar si pelaku ingin melakukan bullying verbal atau memukuli kita.
4.      Lawan dengan candaan
    Saat kita di bully atau di ejek.contohnya kita di katakana gemuk oleh si pelaku.bilang aja kalo gemuk itu tanda hidupnya makmur,bahagia dan sejahtera.si pelaku gak akan ngelanjutin bulliyaannya tetapi malah tertawa dengan kita.
5.      Mengiyakan ejekan
      Saat kita di ejek,seperti di ejek karna kita mempunyai kulit yang hitam,iyakan saja.

SOLUSI UNTUK MENGHADAPI CYBERBULLYING
1.      Curhat
    Curhat dengan orang yang kita percaya,semua kekesalan sendiri justru membuat kita semakin depresi dan tertekan.Merasa diri sendiri tertekan dan terasing.
2.      Evaluasi diri
      Kalau menurut kamu ejekan yang kamu terima hanya bualan semata,jangan di pikirkan dan semakin kita pikirkan serta membalas bullyan itu,para pembully justru semakin senang.
3.      Blokir
      Blokir akun socmed sang pembully,supaya sang pembully tidak membully kamu lagi lewat jejaring sosial.
4.      Laporkan kepada orang tua
       Solusi ini juga membantu,karena cyberbully juga sama halnya dengan bully verbal.kita perlu sekali melaporkan ke orang tua karena mereka mempunyai usia yang lebih dewasa membuat memera lebih bijak dalam menyikapi masalah serta mencarikan solusi buat kita.

1 komentar :

  1. judulnya unik, pembahasannya juga menarik. solusinya juga sangat bagus dan bermanfaat

    BalasHapus

 
Back To Top