INFO MARKAS

Donor Darah di Makassar Town Square


Aksi donor darah sebagai salah satu program rutin Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Universitas Hasanuddin (KSR PMI Unhas) kali ini dilaksanakan di salah satu pusat perbelanjaan di kota Makassar, MTo'S (17/01). Selain untuk mengumpulkan stok darah, kegiatan ini juga merupakan rangkaian kegiatan pengumpulan database relawan donor darah Perhimpunan Donor Darah Kampus (PDDK) KSR PMI Unhas, yang nanti senantiasa siap untuk mendonorkan darahnya jika ada yang membutuhkan.

Aksi donor darah ini berlangsung dari pukul 10.00 pagi hingga pukul 13.00 siang. Jangka waktu ini disesuaikan dengan prosedur kegitan donor darah sendiri yang membutuhkan darah dari pendonor yang belum banyak melakukan aktivitas. Selain itu, para calon pendonor juga diharuskan memenuhi beberapa persyaratan medis ketika akan mendonorkan darahnya yang meliputi tekanan darah, berat badan, kecukupan waktu tidur, tidak dalam keadaan haid, tidak berpenyakit, dan tidak mengonsumsi obat minimal sejak sehari sebelumnya.


Aksi yang berhasil mengumpulkan 24 kantong darah ini dikoordinir langsung oleh Perhimpunan Donor Darah Kampus (PDDK) KSR PMI Unhas yang merupakan salah satu badan semi otonom KSR PMI Unhas yang fokus pada kegiatan pelayanan Donor Darah.  Kali ini, PDDK KSR PMI Unhas menggandeng Unit Transfusi Darah Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan sebagai pelaksana . Dalam aksi ini dari puluhan pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya hanya sebagian kecil yang tidak bisa mendonorkan darahnya karena kondisi teknis.









Posting Komentar

 
Back To Top