INFO MARKAS

JK: PMI Hadir Maksimal 6 Jam Setelah Bencana

Pelantikan Pengurus PMI Periode 2014-2019 (foto: pmi.or.id)
Setelah terpilih dalam Musyawarah Nasional (Munas) Palang Merah Indonesia (PMI) ke-20 yang digelar pada 16-18 Desember 2014 lalu, wakil presiden RI yang juga menjadi Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, melantik susunan Pengurus Pusat PMI periode 2014-2019 di Markas Pusat PMI, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 96 Jakarta.

Dalam sambutan yang diberikan JK dalam acara pelantikan kali ini mengatakan, semoga pengurus baru ini dapat bekerja dengan baik untuk masalah-masalah kemanusiaan yang terjadi di Indonesia. “Semoga kita dapat bekerja sama baik antara pengurus, staf dan relawan untuk melakukan kegiatan dalam pelayanan kemanusiaan yang terjadi di Indonesia”, tutur JK.

Lebih lanjut JK mengungkapkan, PMI mempunyai 3 hal penting dalam tugas-tugas kemanusiaan, pertama adalah masalah donor darah, pelayanan Bencana dan masalah-masalah sosial.

“PMI harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan darah secara nasional bagi sekitar 240 juta masyarakat Indonesia dan harus memberikan pelayanan di saat Bencana yang terjadi di Indonesia seperti Bencana Air Asia yang beru-baru ini terjadi serta Bencana-bencana sebelumnya yang telah terjadi Indonesia,” jelas JK.

Jusuf Kalla, mengatakan PMI harus tetap memegang prinsip 6 jam harus sampai di lokasi bencana atau lokasi yang membutuhkan pertolongan organisasi itu.

"Artinya, di manapun bencana itu terjadi di Indonesia, enam jam PMI harus hadir membantu sesama," kata JK, seusai melantik pengurus pusat PMI periode 2014-2019, di kantor PMI, Jakarta, Jumat, 9 Januari 2015.

Karena itu, JK melanjutkan, di kepengurusan baru ini, PMI tetap membutuhkan program yang baik serta ketersediaan dan kecepatan personel dalam menjalankan tugas. "Juga suatu perlengkapan logistik yang selalu siap untuk menjalankaan tugas-tugas kemanusiaan," ujar JK.

Pelantikan pengurus Pusat PMI ini dihadiri oleh perwakilan dari IFRC, ICRC, Palang Merah Sahabat, PMI Provinsi dan Kab/Kota serta Staff PMI Pusat.

Berikut adalah Susunan Lengkap Pengurus Pusat PMI Periode 2014-2019;

Ketua Umum:
Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla

Wakil Ketua Umum:
Ir. Ginanjar Kartasasmita

Sekretaris Jenderal:
dr. Ritola Tasmaya, MPH

Wakil Sekertaris Jenderal:
dr. Diah Latief

Bendahara:
Suryani Sidik Motik, Ph.D

Wakil Bendahara:
Dwi Hartanto

Pengurus Pusat Ketua Bidang Kelembagaan:
Sasongko Tedjo

Pengurus Pusat Ketua Bidang Penanggulangan Bencana:
H. Sumarsono

Pengurus Pusat Ketua Bidang Kesejahteraan Sosial:
dr. Farid Husain, Sp.Bd

Pengurus Pusat Ketua Bidang Unit Donor Darah dan RS:
dr. Linda Lukitasari Waseso

Pengurus Pusat Ketua Bidang Relawan :
H. Muhammad Muas, SH

Pengurus Pusat Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri:
Hamid Awaluddin

Pengurus Pusat Ketua Bidang Sarana dan Prasarana:
Jhoni Darmawan

Anggota:
1. Rapiuddin Hamarung
2. Andi Sarudji
3. Heru Aryadi
4. Ali Mansyori

Dewan Kehormatan:
1. Haryono Suyono
2. Aksa Mahmud
3. Meutia Hatta
4. Prof. Komarudin Hidayat
5. Komjen (Purn) Nanan Sukarna


Sumber : tempo.co & pmi.or.id

Posting Komentar

 
Back To Top