INFO MARKAS

Aksi Relawan 2014


Aksi Relawan 2014 merupakan salah satu program kerja dari bidang Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) KSR PMI UNHAS. Kegiatan ini adalah kegiatan bakti sosial KSR PMI UNHAS yang biasanya diadakan di daerah-daerah. Kali ini kegiatan Aksi Relawan dilaksanakan di desa Bolaromang, Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa, tepatnya perbatasan antara daerah malino dan sinjai.
                Adapun tema dalam kegiatan Aksi Relawan 2014 ini adalah Dunia kita, Aksi kita untuk kemanusiaan. Item kegiatan yang dilaksanakan diantaranya pemeriksaan kesehatan gratis, Penyuluhan PHBS, Penyuluhan dan penanaman tanaman obat keluarga, pemasangan papan UPGDT dan batas desa, dan Suntan Massal. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yaitu sabtu 29 maret 2014 dan minggu 30 maret 2014. Kegiatan ini dibantu oleh 2 orang dokter dan 1 orang calon dokter serta teman-teman dari SIAGA Ners.
Kegiatan ini dibuka pada hari sabtu, 29 maret 2014 pukul 09.00 di kantor desa oleh kepala desa bolaromang sendiri. Antusiasme warga pada kegiatan ini dapat dilihat dengan banyaknya warga yang menghadiri pembukaan kegiatan. Setelah pembukaan sekitar pukul 10.00, Pemeriksaan Kesehatan dimulai, warga yang hadir juga sangat banyak, bahkan jauh lebih banyak dibandingkan saat pembukaan kegiatan. Adapun tahapan yang harus dilalui warga pada pemeriksaan kesehatan yaitu registrasi, pengukuran tinggi badan dan berat badan, pemeriksaan golongan darah, pemeriksaan tekanan darah, konsultasi dokter, pemeriksaan asam urat dan gula darah bagi warga yang direkomendasikan oleh dokter, pembagian obat serta pembagian kartu golongan darah. Melihat besarnya antusiasme warga pada Kegiatan ini, sehingga kegiatan ini berlangsung hingga pukul 17.00 WITA.


registrasi
Pemeriksaan Golongan darah

Pemeriksaan Kesehatan

Selain pemeriksaan kesehatan, pada pukul 10.00 juga berlangsung penyuluhan PHBS di 2 sekolah di Desa Bolaromang, pada penyuluhan ini siswa-siswa diajarkan untuk mencuci tangan dan menyikat gigi secara baik dan benar. Tidak hanya sekedar member penyuluhan kami juga memberikan praktik serta membagi-bagikan sikat gigi kepada para peserta penyuluhan. Antusisme siswa-siswa SD di desa bolaromang juga sangat besar, bahkan di salah satu SD kami sempat dinyanyikan sebuah lagu dari mereka.
Pada sore hari juga berlangsung kegiatan pemasangan papan batas desa di 3 dusun, pada pemasangan ini beberapa panitia dibantu dengan warga setempat memasang batas desa yang telah dipersiapkan panitia kegiatan sebelum ke lokasi Aksi Relawan ini. Selain itu pada saat yang sama juga berlangsung penyuluhan serta penanaman tanaman obat keluarga. Tanaman yang dipaparkan adalah tanaman yang ada dan sering dijumpai oleh warga sekitar, setelah penyuluhan juga dilakukan penanaman tanaman obat keluarga, adapun tanaman yang ditanam adalah beberapa jenis tanaman obat yang dibawa oleh panitia pelaksana sebelumnya. Penanaman ini dibantu oleh warga setempat dan ditanam disekitar kantor desa.



Pada hari minggu, 30 maret 2014 kegiatan yang dilaksanakan adalah khitanan massal, kegiatan ini diikuti oleh 17 orang anak. Para peserta khitanan missal diberi motivasi dan pertunjukan pertunjukan sebelum dikhitan untuk menguatkan mental dan termotivasi untuk dikhitan. Setelah akan dikhitan peserta sebelumnya akan diberikan obat dan kemudian mulai akan dikhitan oleh tim dokter dan teman-teman dari SIAGA Ners. Cukup banyak juga peserta yang awalnya terlihat cukup berani namun pada akhirnya tetap menangis dan memberontak untuk dihentikan, namun berkat kerja keras dari seluruh pihak yang turut membantu dalam hal ini keluaga peserta khitan serta panitia yang tetap terus menyemangati para peserta sehingga semuanya dapat dikhitan. Setelah dikhitan maka peserta akan dibagikan obat untuk meringankan rasa sakitnya.


Setelah berakhirnya kegiatan sunatan massal, maka kegiatan selanjutnya adalah penutupan kegiatan. Kegiatan penutupan ini berlangsung di kantor desa dengan dihadiri oleh warga desa bolaromang. Pada penutupan antusiasme warga juga cukup baik, terbukti dengan banyaknya warga yang datang. Yang menarik pada penutupan kegiatan ini dan yang sangat berbeda  dari kegiatan aksi relawan sebelumnya adalaha adanya penampilan kasidah dan tari kreasi dari adik-adik di Bolaromang.


 
Back To Top