INFO MARKAS

KSR PMI UNHAS Sukses Menyelenggarakan Aksi Relawan 2022 di Desa Rannaloe, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa

Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Universitas Hasanuddin (KRS PMI UNHAS) berhasil menyelenggarakan kegiatan Aksi Relawan 2022 di Desa Rannaloe, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa yang berlangsung pada Kamis-Minggu, 1-4/12/2022.

Mengusung tema “Langkah Kecil untuk Kemanusiaan”, Aksi Relawan 2022 menggelar beberapa item kegiatan sosial seperti, penyuluhan pengelolaan sampah dengan menggandeng Komunitas Selaras Batara Guru yang concern pada isu lingkungan, juga penyuluhan pertanian yang bekerjasama dengan PT. Advanta Seed Indonesia lewat informasi terkait budidaya tanaman jagung, termasuk mensupport petani di desa Rannaloe dengan memberikan bibit jagung yang berkualitas.

“Lewat kegiatan ini, kami berharap Aksi Relawan 2022 bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat di desa terpencil. Sesuai dengan tema yang kami angkat, ini adalah langkah kecil kami untuk membantu sesama,” ujar Ketua Panitia Aksi Relawan, Sitti Nurazizah Jamil.

Selain itu, pemeriksaan kesehatan juga menjadi salah satu kegiatan aksi relawan 2022 ini, dengan melibatkan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Luwu Timur, dr. Irfan beserta tim. Tidak hanya itu, Relawan Kesehatan Makassar (RKM) juga turut serta menyuksesakan kegiatan sirkumsisi massal yang diikuti sebanyak 19 orang anak.

Masyarakat Desa Rannaloe menyambut kegiatan ini dengan penuh antusias. Di hari terakhir kegiatan, Panitia Pelaksana Aksi Relawan 2022 memberikan donasi buku bacaan kepada Pemerintah Desa Rannaloe sebagai bentuk dukungan dalam peningkatan literasi di desa tersebut.

Ria Sasmita selaku Ketua KSR PMI UNHAS mengatakan, kegiatan Aksi Relawan 2022 tersebut tidak akan berhasil tanpa bantuan banyak pihak. Olehnya, dia mengucapkan banyak terima kasih kepada semua sumber yang mendukung suksesnya kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah masyarakat antusias sekali, kurang lebih 83 masyarakat ikut pemeriksaan kesehatan, dan lebih dari sepuluh anak ikut sirkumsisi. Kami sangat berterima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat sebagai sponsor ataupun kolaborasi bersama,” tutur Ria.

Adapun Kepala Desa Rannaloe, Arifuddin mengapresiasi KSR PMI UNHAS yang telah memberikan waktu juga tenaga membantu masyarakat desa setempat di bidang pertanian, pendidikan dan kesehatan. Ia berharap, mahasiswa bisa terus melibatkan diri dalam aksi sosial.

“Saya salut dengan adik-adik dari KSR PMI UNHAS, bisa sampai ke Desa ini. Kita tahu kalau akses ke sini sangat ekstrim, jaringan internet juga terbatas. Makanya syukur sekali kalau ada yang mau datang dan membatu masyarakat di sini,” ungkapnya.


Posting Komentar

 
Back To Top