INFO MARKAS

Share Your Mind #27 "ISU ANAK ZAMAN SEKARANG"


Oleh : Muliana dan Asmita Putri Kamaruddin

PMR SMAN 1 ENREKANG

Hello guys, di artikel ini ku jelaskan ki tentang isu-isu remaja zaman sekarang. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Sebelumnya jangan ki lakukan hal-hal yang negativ ka mendatangkan dampak jih tapi lakukan ki yang positif-positifmo ka bermanfaat buat dirita sendiri JJJJJJJJJJ. Monggo dibaca JJJJ
  
Isu Anak remaja zaman sekarang

Masa remaja itu memang menyenangkan. Tapi toh sering ki juga bimbang, karna masa-masa remaja itu banyak sekali masalah yang ta hadapi. Berikut ini isu-isu yang sering terjadi di kalangan remaja :


1. Merokok
Anak-anak remaja zaman sekarang beda sekali kalo dibandingkan dengan zaman dahulu. Dulu itu hanya orang-orang tua atau bahkan nenek-nenek jih yang merokok. Tapi kalau sekarang, apa? Banyak sekali mih itu yang merokok, apalagi remaja bahkan anak-anak diusia dini pintar tong mih juga merokok. Awalnya toh , kumpul-kumpul jih, nongkrong-nongkrong baru si ajar” bodoh mih. Rokok itu na jadikan sebagai alat supaya di bilang anak gaul, padahal kalo dipikir tidak mesti jih merokok kalau mauki gaul. Wah waaaah, bahayanya di’. Tidak na pikirkah itu dampaknya? Deh, banyaknya lagi dampaknya baru pergi merokok.
Misalnya dampak merokok jangka pendek :
a.       ketergantungan. Di mana terus ki itu ambil uang beli rokok kalau ketergantungan meki , sampai-sampai bisa mih nanti mencuri.
b.      Baru  sering batuk-batuk didekatta, belumpi lagi itu napasnya bau sekali, kayak kentut itu mulutnya.
c.       Giginya itu kayak orang yang tidak pernah sikat gigi. Iuuuh,
Eh masih ada dampak jangka panjangnya kalau merokok ki’
a.       bisa mih itu na kenna sakit kanker
b.      paru-paru,
c.       penyakit jantung,
d.      gangguan janin, dan lain-lain.
Biar semua dampaknya merokok di tulis di kemasan rokok bahkan ada gambarnya di taro, tetapjih merokok karna kecanduanmih. Ku sarankan ki yang tidak pernah merokok, sebaiknya janganki coba-coba. Terus kalau yang terlanjur merokok, berhenti meki atau rokok yang akan mematikanmu.


2. Pacaran
            Zaman dulu tidak na kenal yang namanya pacaran tapi dijodohkan jih, langsung menikah. Tapi sekarang tidak ada mih yang tidak pacaran, bahkan anak-anak na tau tongmih juga pacar-pacaran.  Awalnya toh, kenalanjih dulu baru PD kate mih, trus pacaran mih. Tidak ada mih malunya baku bonceng-bonceng sama pacarnya, peluk-pelukan, pegangan tangan di depan umum. Ada tong juga yang kiss. Upsss!!! J .
Dampaknya kalo pacaranki toh
a.         Mudahki terjerumus ke perzinaan apalagi kalau berduaanki di tempat gelap aduuuh banyakmi godaan dari makhluk” yang tidak terlihat.
b.        Menjadikan seseorang hidup boros, itu sekarang orang yang pacaran selalu berkorban untuk pacarnya bahkan uangnya dulunya masih ada untuk ditabung, tapi sekarang? Boro-boro mau na tabung, na pake ji bersenang-senang sama pacarnya na belikan mih pacarnya hadiah di hari spesial, na belikan mih juga uangnya pulsa untuk smsan sama telfonan sama pacarnyaa ulalaaa. Ada tong juga itu yang nge-date di kafe” mahal (mau sekali dibilang padahal uang diminta” ji dari orang tuanya).
c.         Melemahmi itu daya kreatifitas dan sulit sekali mih itu konsentrasi apalagi kalo belajar I, karna pacarnya terus jih na pikir.
d.       Yang dulunya itu rajin pergi ibadah, sekarang rajin ji pergi jalan sama pacarnya, yang dulunya suka baca buku sekarang suka  baca sms dari yayanknya hahaaaa J.
e.         Eh masih ada yang lebih paraah , ada mih yang sampe-sampe bertengkar gara-gara jealous sama pacarnya ada juga yang sampe berbuat kriminal pergi bunuh anaknya orang ( yakin skali mih itu kalau jodohnya, sekalina bukan jodonya? Baru menyesal pergi minta maaf. Ih nda tau malu masa gara-gara 1 cowokji? Kayak tong tidak adami cowok yang lain, iuuw).
Sebaiknya buat remaja-remaja sekarang jangan maki dulu pacaran sekolah maki dulu, karna tidak bakalan tertukar jih jodoh ta sama orang lain. Tapi buat yang sudah terlanjurmih pacaran, bisa jih iyah tapi ada batasannya kalau pacaranki, jagan sampe itu pacaran na gangu ibadahta, sekolahta, konsentrasita, dll.

3. Social media
            social media toh na mudahkan ki untuk berkomunikasi dan bersosialisasi, berpartisipasi, berbagi dan menciptakan dunia baru. Situs jejaring social sekarang di jadikan tempat curhat buat anak-anak alay, persis kayak buku diary.  bisaki cari teman baru, sebagai tempat curhat, na mudahkan ki cari informasi-informasi yang positif, na jadika juga tempat iklan kalau ada usaha onlinenya. Tapi disisi lain, banyak mih anak remaja yang kecanduan. Misalnya di facebook kalau lapar ii, pergi jih bikin status kalau dipikir jangan mih kapang bikin status , kalau lapar ki pergi ki makan bukan pergi bikin status ( na kasih kenyang ki kah kalau bikin ki status? Nda toh?! Hahaha ). Ada juga itu yang na salah gunakan itu media social na jadikan tempatnya nonton-nonton yang seharusnya tidak boleh dinonton.
Dampaknya seperti :
a.        Na bikin malas mih juga orang untuk belajar karna  di facebook ada layanan game nya, na buat itu remaja jadi kecanduan main game.
b.        Menurun mih prestasi remaja sekarang.
c.        Banyak mih juga anak remaja yang kurang sopan santun kalau bicara karna keseringanmih komen-komen statusnya orang dengan kata-kata yang kurang sopan. Jadi kayak tidak na tau mih mana dunia nyata mana dunia maya.
            Sebaiknya buat remaja-remaja sekarang, jangan mki terlalu keseringan aktiv di social media. Pintar-pintarki juga bagi-bagi waktu ta, jangan na semua waktu ta terbuang karna ma facebook ki, ma twitteran mih, upload-upload foto di IG. Masih banyak aktifitas-aktifitas lainnya yang bisa ta lakukan yang lebih bermanfaat untuk dilakukan.

4. Narkoba
            Narkoba toh singkatan dari NARkotika, psiKOtropika, & Bahan/zat Adiktif. Narkoba itu semacam zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintesis maupun semi sintesis yang bisa menyebabkan penurunan/perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan bisa juga menimbulkan ketergantungan. Huuh sekarang itu anak remaja ada tong mih yang konsumsi narkoba. Tidak na fikirkah kesehatannya bisa terganggu. Toh kalo dibilang ada manfaatnya okelaah, tapi kalo dampaknya jih banyak dari pada manfaatnya, lebih baik jangan mih konsumsi ii. 
Terus, jenis-jenisnya itu narkoba banyak sekali tapi yang marak terjadi , yaitu :
a.       obat penenang, ciri-cirinya toh berbentuk tablet, baru kalo ta konsumsi ditelan secara langsung jih saja. Baru efeknya kalo bicaraki jadi pelo,na perlambat itu respon fisik, mental dan emosi. Terus kalo dosis tinggi na buat perasaanta cemas, sensitif, mudah ki juga marah. Biasanya na lakukan itu remaja-remaja kalo stress ii, galau ii gara-gara pacarnya kah, atau gara-gara banyak masalah baik itu di sekolah, di rumah atau sama teman-temannya.
b.      Alcohol , efeknya toh na perlambat itu system kerjanya saraf otak, na tekan itu pernapasan sama denyut jantung , menimbulkan perilaku kekerasan,baru biasa juga itu kalau orang yang sudah konsumsi alcohol bahaya sekali kalau berkendara ii ka resiko kecelakaan lalu lintas.  Baru ada juga itu yang bau sekali mulutnya, bau alcohol. Iyuuw.
c.       Inhalansia (zat yang mudah menguap seperti lem, thinner, bensin, spritus). Ini toh biasanya dihirup jih. Sekarang itu banyak sekali berita –berita anak remaja yang na hirup-hirup itu lem fox (na baunya lagi itu lem fox kayak bau” kucing baru pergi hirup-hirup ii astagaaa kurang kerjaanya). Baru efeknya toh na perlambat itu kerja otak sama system saraf pusat, na timbulkan juga perasaan senang berlebihan, puyeng, penurunan kesadaran, gangguan mih juga itu penglihatan, masih banyak efek lainnya.
d.      Ganja , bentuknya toh daun kering, cairan yang lengket, berminyak. efeknya bisaki kehilangan konsentrasi, penurunan motivasi, sering menyendiri, kadang bicara sendiri ( aii, kayak orang gila saja bicara sendiri), masih banyak efeknya.

Yaah buat remaja-remaja sekarang yang konsumsi narkoba cepat maki hentikan ii !!! Mungkin belum terasa sekali dampaknya, tapi suatu saat tunggumi akan di rasakan ii. Dan buat remaja-remaja yang lain, jangan ki coba-coba konsumsi narkoba ka takutnya nanti kecanduan kii, mau terus maki konsumsi ii, baru banyak sekali efek-efeknya. Masih mudah ki tapi kayak orang tua maki ka sering ki sakit-sakitan.
           

5. Geng Motor
            awalnya toh dari kumpulan anak remaja yang hobi balapan liar, baru ngebut-ngebutan mih di jalanan umum, mereka melakukannya di siang hari ataupun maam hari. Tidak sadar ii kah itu, kalau jalanan umum bukan tempat yang tepat untuk balapan. Geng motor itu meresahkan masyarakat, na ganggu mih itu tidurnya orang kalau malam-malam, na kasi jantungan ii orang ( mau i kah itu tanggung jawab kalau jantungan itu orang?)

Banyak sekali dampaknya itu geng motor seperti :
a.       Banyak korban yang meninggal dunia termasuk juga itu anggota gengnya sendiri. Tidak pernah kah itu belajar dari pengalaman kalo ada mih anggotanya yang meninggal. Seharusnya na bubarkan jih gengnya, tapi malahan makin menjadi-jadi jih bahkan tambah anggota baru jih .
b.      Terjadi pertentangan dan persaingan yang berujung pada perkelahian antara geng yang satu dengan geng yang lainnya.

Solusinya , lebih baik jangan maki ikut geng-geng motor seperti itu. Karna tidak ada jih gunanya. Pergi jeki taruhkan ii nyawata, baru terkenalki karena perbuatan ta yang tidak baik. Tidak malu jki kah kalo terkenal karena perbuatan ta yang tidak baik??? Bagusnya itu terkenalki karena hal-hal yang baik seperti prestasi ,pasti bangga ki. Orang tua ta juga pasti bangga toh? Makanya jangan maki ikut-ikutan geng motor karna sifatnya merugikan jih. Na rugikan orang lain bahkan dirita sendiri.

            Kesimpulannya , masalah social sekarang banyak sekali na libatkan remaja. Kalau tidak mau ki terlibat di dalamnya, cegahmi dengan cara mendekatkan diri kepada Tuhan, taat kepada orang tua (janganki jadi penerusnya malin kundang). Dalam bergaul pintar-pintarki juga memilih teman mana yang boleh diikuti, mana yang tidak boleh diikuti . Janganki ikut arus pergaulan bebas, ikuti organisasi-organisasi yang bermanfaat seperti pmr, osis, pramuka atau organisasi lainnya atau bikin ki kelompok-kelompok belajar.  Sampai di sini mih artikel ku, maaf kalau ada kata-kata yang mungkin menyinggu perasaan ta, tapi semuanya semata-mata untuk kebaikan ta semua. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. JJJJJJJJJJ

” seseorang individu (remaja) mestilah memikirkan terlebih dahulu apa yang hendak dilakukan dan kesan yang bakal mereka hadapi, bak kata pepatah:
“SESAL DAHULU PENDAPATAN, SESAL KEMUDIAN TIDAK BERGUNA”

“ nikmatilah masa remajamu, tapi jangan sampai kamu terjerumus ke dalam pergaulan bebas JJJJJ

sampai di sini mih artikel ku, maaf kalau ada kata-kata yang mungkin menyinggu perasaan ta, tapi semuanya semata-mata untuk kebaikan ta semua

Posting Komentar

 
Back To Top