INFO MARKAS

Jungle Rescue KSR PMI UNHAS

Jungle Rescue KSR PMI UNHAS adalah satu program kerja badan Disaster Rescue Team (DRT) KSR PMI UNHAS.  Pembukaan Jungle Rescue KSR PMI UNHAS ini dilaksanakan pada 22 Februari 2014 di Forbes PKM UNHAS dan dihadiri oleh Keluarga besar KSR PMI UNHAS, perwakilan KSR PMI PT Kota Makassar serta perwakilan anggota UKM selingkup Universitas Hasanuddin. Acara ini dibuka secara resmi oleh Pak Awaluddin,SKM, M.Kes sebagai Pembina Teknis KSR PMI UNHAS.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua tahap yaitu tahapan indoor dan outdoor. Tahapan indoor dilaksanakan pada 22-23 Februari 2014. Pada Indoor Jungle Rescue KSR PMI UNHAS, para peserta diberikan materi-materi mengenai  pencarian dan pertolongan korban di hutan oleh  instruktur yang diutus  BASARNAS Kelas A Kota Makassar. Adapun materi-materi yang diberikan saat indoor adalah P3M (Persiapan, Perlengkapan, Pakaian, dan Makanan), Navigasi, E-SAR, Komunikasi dan Survival.

Lokasi outdoor yang dipilih adalah Gunung Saini, Desa Rompegading, Kec.Cendrana, Kab.Maros. Pada tahapan outdoor peserta mengaplikasikan semua materi yang telah diberikan di Indoor. 17 Orang peserta Jungle Rescue berangkat menuju lokasi outdoor pada Sabtu, 1 Maret 2014. Setibanya di lokasi, peserta yang dipecah menjadi tiga kelompok. Masing-masing kelompok didampingi oleh satu orang instruktur dari BASARNAS dan setiap kelompok bertugas untuk menjari jalur menuju sebuah lokasi yang telah ditentukan oleh instruktur dari BASARNAS. Keesokan harinya peserta melakukan simulasi Explorer SAR (E-SAR) yaitu pencarian korban hilang di hutan. Setelah korban ditemukan maka berakhir pula kegiatan outdoor tersebut.

Melalui pelatihan ini, kami berharap dapat menambah pengetahuan dan skill anggota KSR PMI UNHAS mengenai pencarian dan pertolongan korban di hutan yang dapat diaplikasikan pada tempat dan waktu yang tepat. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada BASARNAS Kelas A Kota Makassar, Keluarga besar KSR PMI UNHAS serta semua pihak yang telah membantu demi suksesnya kegiatan ini.












 
Back To Top