INFO MARKAS

Aksi Relawan 2018: Bersama Dalam Aksi Nyata Kemanusiaan


Makassar - Aksi Relawan merupakan program kerja Bidang Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) KSR PMI UNHAS. Kegiatan ini menjadi kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan di daerah terpencil yang berbeda setiap tahunnya.

Tahun ini, Aksi Relawan 2018 dilaksanakan di Desa Mattiro Bone, Pulau Bontosua, Kabupaten Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 26 sampai 29 April 2018 ini mengusung tema "Bersama Dalam Aksi Nyata Kemanusiaan". Ada banyak item kegiatan yang dilaksanakan diantaranya Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Pemeriksaan Kesehatan, Peenyuluhan, Pengadaan Buku dan Al-Qur'an, Sirkumsisi/Sunatan, dan Pelatihan Daur Ulang Sampah.

Pada hari kamis, pemberangkatan pukul 16.00 WITA di Pelabuhan Paotere ke Pulau Bontosua, Kab. Pangkep yang memakan waktu 2 jam dengan menggunakan kapal penumpang bermuatan 30 orang.

Hari jumat, pembukaan pukul 7.30 WITA dibuka oleh Kepala Desa Mattiro Bone dihadiri oleh aparat desa, pemangku adat, dan masyarakat desa bontosua. Dilanjutkan PHBS (Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) gizi seimbang, cara sikat gigi dan cuci tangan kepada seluruh siswa SD Mattiro Bone. Dilanjutkan dengan pengadaan buku bacaan bekerjasama dengan Yayasan Sedekah Buku Indonesia didistribusikan ke kantor kepala desa dan Al-Quran bekerjasama dengan Toko Buku Toha, Kementrian Agama Kab. Pangkep, dan Yayasan Dompet Dhuafa yang didistribusikan ke TPA dan Masjid di Desa Mattiro Bone. Selanjutnya, penyuluhan petingnya donor darah dan pemeriksaan golongan darah, dan diakhiri kegiatan pembersihan pantai dan pengadaan tempat sampah.

Pada hari sabtu, kegiatan dibuka dengan sirkumsisi/sunatan massal yang diadakan bersamaan dengan pemeriksaan kesehatan bekerjasama dengan HMI Komisariat Fak. Kedokteran UNHAS yang dilanjutkan dengan penyuluhan daur ulang sampah bekerjasama dengan Yayasan Peduli Negeri, Pada malam hari, dilaksanakan penutupan sekaligus penyerahan piagam kepada pihak yang terlibat dalam kegiatan Aksi Relawan 2018 dilanjutkan agenda Malam Ramah Tamah yang diisi dengan lomba karaoke. 

Seluruh kegiatan tersebut disambut warga dengan sangat antusias. Menariknya, ada beberapa kegiatan justru merupakan permintaan langsung dari warga desa mattiro bone kepada panitia pelaksana Aksi Relawan 2018.

"Kegiatan Aksi Relawan adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi sesama. Kita mungkin tidak punya harta benda yang lebih untuk berbagi. Namun dengan cara ini, kita bisa menunjukkan rasa peduli terhadap kemanusiaan, terhadap sesama" ujar Satriani Gassing (KSR-UH.XXIV.010). 

"Sangat berkesan bagi saya karena kegiatan ini menjadi ajang untuk mengakrabkan diri dengan seluruh keluarga besar KSR PMI UNHAS yang sempat hadir. Selama kegiatan berlangsung, saya sangat merasakan suasana kekeluargaan" ujar Adetya Chaerunnisah (KSR-UH.XXIV.003). (29/04/18)



Posting Komentar

 
Back To Top