INFO MARKAS

Diklatsar V PMR Wira Unit 232 SMK Laniang Makassar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Kita Ketemu lagi teman-teman.  Kali ini tulisan mengenai salah satu kegiatan KSR PMI UNHAS yaitu menjadi pendamping Outdoor PMR SMK LANIANG. Sebelum membahas tentang kegiatan outdoornya. Kita lebih baik kenal dulu mengenai PMR SMK LANIANG.

PMR SMK LANIANG merupakan PMR dibawah bimbingan PMI yang di perantarai KSR PMI UNHAS. PMR ini dibentuk 5 tahun lalu atas dasar inisiatif dari adik-adik di SMK Laniang yang ingin menyalurkan hobi dan rasa ingin menolong sesama.  Maka dengan bantuan KSR PMI UNHAS,  dibentuklah PMR SMK LANIANG. 

Untuk tahun ini sudah memasuki 5 tahun.  Jadi angkatan atau anggota mereka sdh 5 angkatan.  Untuk proses penerimaan anggota baru angkatan ke 5 ini melalui beberapa tahap dari tahap indoor hingga Outdoor. Di tahap indoor dilaksanakan di lingkungan SMK LANIANG.  Dengan pemateri dari PMI dan KSR PMI  UNHAS. 


Setelah tahap indoor.  Berlanjut ke tahap Outdoor.  Tahap ini dilaksanakan  di Kabupaten Maros.  Desa moncongloe.  Kegiatan berlangsung selama 4 hari.  Dimulai dari hari kamis,  22 januari 2015 s/d minggu 25 januari 2015. Selama kegiatan adik-adik calon anggota PMR SMK LANIANG mengikuti proses pendidikan dasar.  Mulai dari menerapkan materi indoor hingga jurit malam yg dibagi beberapa tahapan.  Hingga akhirnya pengukuhan pada hari minggu.

Pada hari pertama kegiatan mereka adalah membangun campu di lokasi kegiatan.  Lalu bina suasana.  Keesokan harinya dilanjutkan materi kepalangmerahan, pertolongan pertama,  evakuasi korban,  pasang bongkar tandu. Malam hari dilanjutkan jurit malam kelompok.  Dilaksanakan sampai dini hari yang sudah masuk hari sabtu.  Setelah itu mereka istirahat.  Dilanjutkan pengaplikasian materi kepalangmerahan. Dan malam harinya dilanjut lagi jurit yang jumlah dalam 1 kelompoknya dikurangi dari jurit malam sebelumnya. Jurit ini pun berlangsung sampai pagi hari . 
Selesai melakukan kegiatan,  hari minggunya dilaksanakan upacara penutupan.  Selesai itu membersihkan  lokasi dan kembali ke sekolah.
Inilah salah satu kegiatan yang dilaksanakan pmr smk laniang setiap tahunnya. Tujuannya untuk meregenerasi anggota.  Sehingga akan banyak siswa-siswi yang mempunyai ilmu dan pengetahuan di bidang PMR. 

Di Kegiatan ini pula KSR PMI UNHAS sebagai pendamping,  selain mengajarkan adik-adik tentang PMR,  anggota KSR PMI UNHAS juga menggunakannya sebagai wadah untuk mengasah diri baik dalam membawakan materi kepalangmerahan maupun mengaplikasikan ilmunya.  Jadi itulah hubungan yang dibangun antara adik-adik PMR SMK LANIANG dan KSR PMI UNHAS.  Harapan kedepannya semakin banyak adik-adik di Sekolah Menengah Atas yang mengetahui tentang PMR dan bisa menjadi penerus-penerus Relawan di kemudian hari.

Nah..... Sampai disini dulu teman-teman,  tulisan mengenai salah satu kegiatan KSR PMI UNHAS dan adik-adik PMR yang di bina KSR PMI UNHAS.  sampai jumpa lagi dicerita-cerita selanjutnya.  Semoga dari tulisan ini bisa  mengenal Kegiatan-kegiatan yang dilakukan KSR PMI UNHAS.
 





Posting Komentar

 
Back To Top