INFO MARKAS

Pelatihan Rekruitment Donor Darah

 Unit Donor Darah  (UDD) PMI Kota Makassar mengadakan Pelatihan Rekruitment Donor Darah  pada tanggal 11 Januari 2014 bertempat di Aula SMKN 8 Makassar. Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan anggota PMR, KSR dan TSR se-Kota Makassar. KSR PMI UNHAS mengutus dua orang anggotanya yaitu Robby (KSR-UH.XVIII.006) dan Aswin (KSR-UH.XVIII.023)untuk mengikuti pelatihan tersebut yang berlangsusng sejak 10.00-13.30 WITA.

Pelatihan ini dikemas dalam bentuk sharing dan tanya jawab. Adapun 3 topik utama yang dibahas pada kegiatan ini yaitu manfaat donor darah, metode kebijakan donor darah dan cara rekruitment donor darah. Pada sesi manfaat donor darah dijelaskan bahwa donor darah sangatlah bermanfaat baik bagi diri kita sendiri maupun bagi sosial. Manfaat donor darah bagi diri kita sendiri (pendonor) yaitu dapat mengurangi radikal bebas, tidak mempengaruhi berat badan, mengurangi kolestrol dan penilaian resiko dini. Melalui donor darah juga terdapat manfaat sosial yaitu menolong dan menyelamatkan jiwa orang lain.

Salah satu cara rekruitmen pendonor yang dijelaskan yaitu KSR di setiap kampus bekerjasama dengan lembaga tiap fakultas yang sudah menjadi salah satu program badan PDDK KSR PMI UNHAS. Selain itu, dijelaskan juga bahwa anggota PMR harus dilibatkan pada rekruitment donor darah dan meningkatkan sosialisasi donor darah di berbagai media.


Melalui pelatihan ini diharapkan masing-masing PMR, KSR dan TSR bisa mengoptimalkan perannya mengajak masyrakat untuk donor darah sehingga target UDD PMI Kota Makassar 100 kantong per hari dapat terpenuhi.

 
Back To Top