INFO MARKAS

Pembukaan Youth Peer Camp 2013


Youth Peer Camp 2013 merupakan suatu kegiatan rutin dua tahun sekali yang diadakan oleh salah satu Badan di KSR PMI Unhas yaitu Pusat Pendidikan Pengembangan Remaja Sebaya (P3RS).

Ini merupakan tahun ke-tiga diadakannya Youth Peer Camp 2013, dimana pesertanya berjumlah 14 SMA yang berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan, seperti SMK Kesehatan TNI AL Makassar, SMAN 9 Maros, SMK Darussalam A dan B, SMAN 1 Pare-pare, SMAN 5 Tanralili Maros, SMKN 2 Pare-pare, SMAN 4 Bantimurung, SMKN 2 Simbang Maros, SMAN 1 Baraka Enrekang, SMAN 1 Enrekang, SMAN 3 Lao Maros, MAN Baranti Sidrap, dan SMAN 7 Bulukumba.

Kegiatan yang diadakan tahun 2010, 2011, dan 2013 ini merupakan ajang bagi seluruh PMR Wira Se-Sulselbar untuk mengikuti pelatihan dan perlombaan-perlombaan seperti Pelatihan PRS, Speak Your Mind, Lomba Mading, Desain Poster, Cerdas Cermat PRS, Traveling PRS, Outbond, serta ada pula aksi remaja yang meliputi Donor Darah dan Pungut Gembira.

Kegiatan ini disponsori oleh Universitas Hasanuddin, PT PLN Persero, PT Semen Tonasa, Pemerintahan Kota Makassar dan PMI Kota Makassar. Didukung oleh BNN, BPBD, BKKBN, Coca-Cola, Undersige, PSM Unhas, dan TKU Unhas. Sedangkan media partnernya adalah Fajar dan Identitas Unhas.

Youth Peer Camp 2013 diadakan mulai tanggal 23-28 April 2013, dan baru saja (23 April 2013) dilakukan Pembukaan di Pelataran Gedung IPTEKS (Anjungan Danau Unhas) pukul 16.00 WITA. Pembukaan ini dihadiri oleh para peserta Youth Peer Camp 2013, Kepala Biro Kemahasiswaan Unhas, Ketua PMI Makassar, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Hasanuddin (PSM Unhas), Mahasiswa Fisioterapi Unhas, dan para tamu undangan yang berasal dari Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Hasanuddin (UKM Unhas) dan KSR-KSR Sekota Makassar.

Pembukaan Youth Peer Camp diaawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, pembacaan 7 prinsip dasar PMI, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Unhas,dan Mars PMI oleh PSM Unhas. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan kembali piala bergilir dari SMAN 1 Balloci sebagai peraih juara umum Youth Peer Camp 2011 kepada Ketua KSR PMI Unhas dan Ketua Panitia Youth Peer Camp 2013. Selanjutnya, penampilan tari saman oleh mahasiswa Fisioterapi Unhas, laporan panitia, dan sambutan-sambutan. Adapun yang memberikan sambutan adalah Ketua KSR PMI Unhas, Ketua PMI Makassar, dan Kepala Biro Kemahasiswaan yang sekaligus membuka kegiatan ini dengan penerbangan balon.

“P3RS telah melaksanakan kegiatan YPC sebanayak 3 kali selama kurang lebih 4 tahun, membuktikan bahwa KSR PMI Unhas mampu menjalankan tugasnya dalam pengembangan Peer Education” (Syamsu Rizal, Ketua PMI Makassar)

Usai sambutan-sambutan, do’a pun dipanjatkan, dan berakhirlah acara pembukaan Youth Peer Camp 2013. (XVI.023)

 
Back To Top