INFO MARKAS

Aksi Relawan 2013


(5-7/4/2013).“Nyatakan Aksimu dengan Kepedulian”, merupakan tema kegiatan Aksi Relawan 2013. Bertempat di desa Garassikang, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari. Dimulai dengan pembukaan yang dilaksanakan pada tanggal 6 April 2013, pukul 08.00 WITA di SDN 37 Garassikang, yang dihadiri oleh warga setempat, kepala desa, camat dan para guru SDN 37 Garassikang.

Usai pembukaan, dilanjutkan dengan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dibawakan oleh beberapa anggota KSR PMI Unhas kepada siswa kelas 3 hingga kelas 6 SDN 37 Garassikang. Di sanalah, para siswa diajarkan tentang pola hidup sehat, mulai dari cara mencuci tangan dan menyikat gigi yang baik dan benar, sampai kepada bagaimana cara menjaga kebersihan diri. Antusiasme dari siswa SDN 37 Garassikang cukup banyak, lebih dari 50 siswa mengikuti penyuluhan ini. Setelah penyuluhan pun, mereka langsung mempraktikkan cara menyikat gigi yang baik dan benar yang dipandu oleh instruktur yang telah ditunjuk.

Sorenya, masih di tempat yang sama, SDN 37 Garassikang, dilanjutkan kembali dengan penyuluhan Tanaman Obat Keluarga (Toga) oleh dua anggota KSR PMI Unhas yang memang background-nya adalah dari Fakultas Farmasi Unhas. Kemudian setelah itu, dilanjutkan dengan penyuluhan penyakit endemik oleh dua anggota KSR PMI Unhas yang berasal dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas. Dua penyuluhan ini diikuti oleh warga setempat.

Esok paginya, bertempat di SDN 37 Garassikang, pemeriksaan kesehatan gratis pun dilakukan.  Item kegiatannya meliputi penimbanagan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan golongan darah ditambah pembuatan kartu golongan darah (oleh anggota KSR PMI Unhas), pemeriksaan gula darah, kolestrol, dan asam urat (oleh mahasiswa jurusan Gizi FKM Unhas), dan ada pula konsultasi dengan dokter dari Puskesmas setempat beserta rekan-rekannya. Warga desa Garassikang yang hadir sekitar 150 warga, yang sebagian besar adalah lansia. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 10.00-15.00 WITA.     

Penutupan pun dilakukan, para panitia, pengurus, beserta anggota KSR PMI Unhas bersiap meninggalkan lokasi Aksi Relawan 2013. Ucapan terimakasih kepada Kepala Desa Garassikang yang telah menyediakan tempat tinggal bagi kami selama berkegiatan di sana,  bapak Camat Bangkala Barat, Kepala Sekolah SDN 37 Garassikang beserta para guru, dan tentunya warga desa Garassikang. Semoga kegiatan Aksi Relawan 2013 dapat menjadi manfaat dan di ridhai oleh Allah SWT. Amiinn.... (XVI.023)

 
Back To Top