INFO MARKAS

Potret Masalah Remaja di Kota Makassar

Markas News - Persahabatan, Pergaulan, dan Lingkungan Sekolah
 “Sahabat itu ibarat tangan dan mata. Kalau mata menangis maka tangan menghapusnya, dan jika tangan terluka maka mata pun menangis “. Itulah ungkapan yang memiliki makna yang sangat mendalam di dalam dunia persahabatan. Tentunya setiap orang pasti ingin memiliki seorang teman ataupun sahabat yang selalu ada di saat kita bersedih maupun gembira. Kita selalu mendambakan suasana yang harmonis dengan teman atau sahabat kita . dan kita juga selalu berharap supaya kita di berikan seorang teman yang mau mengerti dan menerima kita apa adanya. Jika kita mengharapkan teman yang seperti itu tentunya kita harus memperbaiki sifat dan tingkah laku kita .
    
Dizaman yang sudah maju ini, banyak sekali remaja-remaja yang terjerumus dalam  lembah kemaksiatan (pergaulan bebas). Semua itu di sebabkan karena mereka salah dalam melakukan pergaulan dengan teman-teman di sekelilingnya. Ada remaja yang mengajak teman-temannya untuk melakukan hal-hal yang membahayakan dirinya sendiri maupun orang lain. Dan ada juga remaja yang mengajak teman-temannya untuk melakukan tindakan yang melanggar norma-norma agama. Inilah akibatnya jika seseorang tidak pandai dalam bergaul dan mencari teman . Oleh karena itu untuk mendapatkan teman yang baik, alangkah baiknya jika kita meninggalkan kebiasaan buruk yang sering kita lakukan dan belajarlah untuk menghargai seorang teman maupun sahabat. Karena seorang sahabat yang baik itu adalah yang mau memberikan motivasi terhadap temannya untuk melakukan hal-hal yang berdampak fositif. Persahabatan itu juga memiliki dampak positif dan negatif . Dampak positifnya yaitu mereka saling memberi kan motivasi untuk melakukan hal-hal yang bermamfaat. Sedangkan dampak negatifnya mereka saling mempengaruhi untuk melakukan hal-hal yang berdampak  buruk.
    Salah satu tempat remaja untuk mendapatkan teman ataupun sahabat yaitu melalui dunia maya. Dalam dunia maya bukan hanya remaja saja yang bisa memamfaatkannya tapi juga orang tua. Remaja memanfaatkannya untuk mencari teman sedangkan sebagian orang tua memamfaatkannya sebagai tempat untuk berbisnis. Di dunia maya semua remaja bisa saling berkomunikasi meskipun jaraknya terlalu jauh. Contohnya saja remaja dari Makassar berkomunikasi dengan remaja yang ada di Jakarta. Kemudian  salah satu penyebab kenakalan remaja adalah melalui dunia maya. Karena di dalam dunia maya itu terdapat banyak sekali hal-hal yang tidak pantas di lihat oleh remaja tetapi remaja melihatnya . Contoh kecil yaitu, foto-foto artis yang tidak mengenakan sehelai benangpun untuk menutupi tubuhnya. Jadi setelah remaja melihat hal-hal yang demikian , mereka pasti memiliki rasa ingin tahu yang lebih dan akhirnya mereka tidak sadar telah melakukan hal-hal yang di larang oleh agama. Melalui dunia maya seseorang juga bisa melakukan kejahatan yang merugikan banyak orang. Contohnya seorang hacker yang membobol kartu ATM seseorang.
    Pergaulan remaja sekarang ini boleh tergolong sangat memperihatinkan, karena banyak remaja yang rusak gara-gara pergaulannya dengan teman-teman sebayanya . Banyak remaja yang melakukan seks bebas, merokok, mencuri, minum-minuman keras dan terlibat dalam kasus narkoba. Faktor penyebab utama dari hal-hal tersebut adalah faktor dalam pergaulan, dan kurangnya media yang patut di jadikan contoh yang baik untuk remaja sekarang ini. Kebanyakan media sekarang ini baik dari koran, majalah, maupun televisi memberikan tayangan yang jelas-jelas bisa mempengaruhi para remaja untuk melakukan hal-hal yang negatif. Dalam bergaul memang remaja kadang mudah terpengaruhi oleh teman-temannya karena adanya faktor “gengsi’. Gengsi itu merupakan istilah remaja jaman sekarang ini. Jika mereka tidak melakukan hal-hal seperti yang di lakukan oleh teman sebayanya biasanya mereka di hina dan akhirnya merekapun terpengaruh dan ikut dalam pergaulan yang dilakukan teman-temannya. Bahkan ada juga yang di ancam jika tidak mau mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh teman-temannya.
     Melihat kondisi seperti ini pihak keluarga maupun pihak sekolah harus mengambil tindakan yang tepat. Karena jika di biarkan terus – menerus maka akan berakibat buruk bagi para remaja sekarang ini. Orang tua harus mengawasi dan mengontrol anak-anaknya supaya tidak mudah terpengaruh dari lingkungan luar yang tidak baik untuk di jadikan contoh . Begitu halnya dengan pihak sekolah , pihak sekolah harus benar-benar mempertegas tindakan – tindakan siswa yang melanggar aturan sekolah ,misalnya merokok. Sekarang ini perokok dalam kalangan remaja boleh di bilang sangat banyak di bandingkan dengan perokok dari kalangan orang tua. Remaja mulai mengkomsumsi rokok jika mereka terpengaruhi oleh teman sebayanya yang kebanyakan merokok. Sehingga remaja sekarang sudah banyak yang kecanduan oleh rokok tersebut.
     Dengan melihat masalah – masalah di atas , disinilah peran seorang sahabat terhadap temannya. Yaitu saling memberikan motivasi agar teman tersebut tidak terjerumus dalam jalan yang salah. Seorang sahabat harus saling membantu satu sama lain agar supaya tidak terjadi hal-hal yang berdampak negatif terhadap temannya. Sahabat itu merupakan teman yang memberikan contoh yang baik terhadap sahabatnya dan selalu memberikan motivasi untuk melakukan sesuatu yang berguna untuk kehidupan di masa depan .
Rasulullah bersabda : “Tolong menolonglah kamu dalam perbuatan baik dan taqwa dan janganlah kamu tolong menolong dalam berbuat kemungkaran”
Maksudnya adalah kita harus tolong menolong untuk perbuatan yang baik dan  jangan kita tolong menolong untuk melakukan hal-hal yang tidak baik .
Mudah – mudahan apa yang menjadi faktor dari kenakalan remaja bisa teratasi dengan cara, kita memberikan motivasi yang lebih agar supaya mereka tidak terjerumus dalam hal – hal yang berbau negatif. Semoga para remaja dapat menyadari bahwa pergaulan yang mereka lakukan itu memiliki dampak yang negatif bagi kehidupannya. Kita para remaja harus saling memotivasi para teman – teman kita agar selalu berada dalam pergaulan yang baik. Kalau bukan kita yang merubah diri sendiri siapa lagi ? kalau bukan sekarang kapan lagi ?. karena tampa kesadaran kita, pasti tidak akan ada perubahan yang di hasilkannya. Jadi mulai dari sekarang ini marilah kita semua saling membantu untuk memotivasi teman – teman, sahabat, dan remaja – remaja yang sedang terpengaruhi dari lingkungan yang membahayakan kehidupannya. Dangan adanya kemauan pasti kita bisa menemukan suatu jalan yang bisa merubah sifat dan tingkahlaku remaja – remaja yang ada di Indonesia .                                                                                              
Pesan : Mari kita saling bahu membahu untuk memajukan negeri kita dari kenakalan remaja yang     sudah meraja lela. Dengan cara berikanlah dukungan, baik dari orang tua, teman, sahabat, maupun lingkungan sekolah."oleh: Suherman, siswa SMA Pesantren Immim Putra Makassar"


Tulisan diatas merupakan Karya Essai pada Perlombaan Penulisan Essai  tingkat PMR-WIRA Se-Kota Makassar yang diadakan oleh P3RS KSR PMI UNHAS pada tahun 2010

 
Back To Top