INFO MARKAS

Hari Gizi Nasional 2013 dengan Tema Mewujudkan Gizi Seimbang untuk Mengatasi Masalah Gizi Ganda.

Markas News - Hari ini Indonesia memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) yang ke-53. HGN diperingati berdasarkan berdirinya Sekolah Djuru Penerang Makanan (SDPM) pada 25 Januari 1951 yang digagas oleh ahli gizi Indonesia Prof Poerwo Soedarmo.
Poerwo Soedarmo menjadi Kepala Lembaga Makanan Rakyat (LMR) pada tahun 1952. LMR ini dikenal juga dengan nama Institut Voor Volksvoeding (IVV) yang merupakan bagian dari lembaga penelitian kesehatan, yakni Lembaga Eijckman. Karena pada saat itu kebanyakan masyarakat belum menyadari pentingnya makanan-makanan bergizi, Poerwo kemudian melaksanakan serangkaian program. Prioritas utamanya adalah memberikan kesadaran dan pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya gizi. Salah satunya dengan memperkenalkan moto pilihan makanan sehat yang terkenal hingga kini yaitu “Empat Sehat Lima Sempurna”.
Langkah berikutnya adalah mendirikan SDPM pada 25 Januari 1951 sebagai sekolah bagi kader-kader penerang gizi. Setelah itu ia mendirikan sekolah-sekolah terkait seperti Akademi Pendidikan Nutrisionis (APN) pada tahun 1956 (yang kemudian namanya berubah menjadi Akademi Gizi), dan jurusan gizi di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Hari Gizi Nasional mulai diperingati pada tahun 1960. Tahun 2013 ini HGN diperingati dengan tema Mewujudkan Gizi Seimbang untuk Mengatasi Masalah Gizi Ganda.

 
Back To Top