INFO MARKAS

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh



Bulan Ramadhan menjadi bulan yang sangat dinanti bagi umat muslim di seluruh dunia. Bulan ramadhan dianggap merupakan bulan penuh berkah dan ampunan. Muslim diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh dengan syarat telah akil balik dan sehat jasmani maupun rohani. Bulan ramadhan pun menjadi bulan yang sangat istimewa.Bagi orang-orang yang berpuasa, Allah SWT menjanjikan berkah kebahagian, setiap amalan dilipat gandakan pahalanya, dan kesehatan. Rasulullah SAW bersabda "Berpuasalah, maka kamu akan sehat" hadist riwayat Ibnu Suny dan Abu Nu'aim.

Melalui berbagai manfaat yang dijanjikan Allah SWT ada banyak manfaat dalam hal kesehatan. Berikut di antaranya.
1. Memperbaiki kondisi mental secara bermakna. Seorang peneliti di Moskow melakukan penelitian terhadap seribu penderita kelainan mental dan ternyata puasa dapat memperbaiki kondisi mental sekitar 65%. Berbagai penelitian lain juga menunjukkan bahwa puasa pada bulan Ramadhan dapat mengurangi resiko komplikasi, kegemukan, batu ginjal, dan banyak penyakit lainnya.
2. Berpuasa dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika berpuasa, terjadi peningkatan limfosit hingga sepuluh kali lipat yang dapat menjauhkan penyakit serangan jantung dan pembuluh darah.
3. Bermanfaat bagi jantung. Saat berpuasa ternyata terjadi peningkatan HDL dan apoprotein alfa1. Penurunan LDL ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. 
4. Keseimbangan anabolisme dan katabolisme. Saat berpuasa ramadhan, terjadi keseimbangan anabolisme dan katabolisme yang berakibat asam amino dan berbagai zat lainnya membantu peremajaan sel dan komponennya dalam memproduksi glukosa darah dan menyuplai asam amino.
5. Tidak akan mengakibatkan pengasaman dalam darah. Asam amino teroksidasi dengan pelan dan zat keton tidaka meningkat dalam darah sehingga tidak akan mengakibatkan pengasaman dalam darah.
6. Tidak berpengaruh pada sel darah manusia dan tidak terdapat perbedaan jumlah retikulosit, volume sel darah mentah, serta rata-rata konsentrasi hemoglobin dibandingkan dengan orang yang tidak berpuasa.

Kami segenap keluarga besar KSR PMI UNHAS mengucapkan Marhaban Yaa Ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga kita diberi kekuatan untuk melawan hawa nafsu, berpuasa sebulan penuh demi menunaikan kewajiban sebagai umat islam dan meraih berkah dari Allah SWT. Amin.

Sumber: Kompas.com dengan judul "20 Mukjizat Puasa terhadap Kesehatan Manusia", https://lifestyle.kompas.com/read/2012/07/25/11331762/20.Mukjizat.Puasa.terhadap.Kesehatan.Manusia

Posting Komentar

 
Back To Top