INFO MARKAS

Our Principles in Action




Setiap tahunnya sejak tahun 1948, 8 Mei diperingati sebagai Hari Palang Merah Sedunia untuk menghargai jasa penemu Gerakan Palang Merah Dunia, Henry Dunant, yang juga lahir di tanggal yang sama. Peringatan Hari Palang Merah Sedunia bertujuan untuk menginspirasi, memfasilitasi, dan juga mempromosikan seluruh aktivitas kemanusiaan yang dilakukan oleh Komite Internasional Palang Merah dan anggota Komunitas Nasional yang ikut tergabung. Selain itu, peringatan tersebut juga digunakan sebagai kesempatan untuk menghargai jasa para relawan yang berjuang menyelamatkan nyawa orang banyak.

Tepat di tanggal yang sama, Gerakan juga merayakan lahirnya Prinsip Dasar Gerakan yang tahun ini tepat berusia 52 tahun. Peringatan ke-52 tahun lahirnya Prinsip Dasar Gerakan menjadi momentum yang tepat untuk menegaskan kembali penerapan Prinsip Dasar Gerakan.

Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah sedunia yang diperingati setiap tanggal 8 Mei, merupakan perayaan tahunan bagi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Kini sudah 154 tahun lamanya Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (Gerakan) menjalankan tugas kemanusiaan. Di usia yang semakin matang, aksi kemanusiaan yang dilakukan sudah tidak dapat dihitung lagi. Pelayanannya juga telah dirasakan insan manusia sedunia. Tidak hanya bagi kalangan internal Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, tetapi juga telah menyentuh masyarakat luas.

Kegiatan kemanusiaan ini semakin berkembang dan kian kompleks. Dalam menjalankan kegiatan, Prinsip-prinsip Dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah selalu menjadi panduan tindakan, agar senantiasa dalam melayani masyarakat tidak memandang ras, keyakinan dan warna kulit. Palang Merah Indonesia (PMI) dan KSR PMI UNHAS pada khususnya selalu berpegang teguh pada ketujuh prinsip dasar Gerakan tersebut.

Kemanusiaan adalah ekspresi motivasi kita. Kesamaan mengarahkan cara kita melayani masyarakat yang sangat membutuhkan, sembari menjaga Kenetralan dan Kemandirian setiap waktu. Gerakan di bentuk atas dasar Kesukarelaan. Kesatuan dan Kesemestaan menjadi jangkar aksi lokal kita dalam solidaritas global. Hal tersebut merupakan prinsip-prinsip dasar yang menjadi identitas Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.

lahirnya Prinsip Dasar Gerakan menjadi momentum yang tepat untuk menegaskan kembali penerapan Prinsip Dasar Gerakan, baik pada saat kita bertugas maupun dalam keseharian kita sehari-hari. Mari kita selalu terapkan prinsip ini dengan sebaik-baiknya pada setiap tindakan kita.



Posting Komentar

 
Back To Top