INFO MARKAS

RELAWAN BARU SEMANGAT BARU - KSR PMI UNHAS



Seperti halnya organisasi-organisasi lainnya prosesi perekrutan anggota baru adalah hal yang mutlak yang harus dilakukan oleh suatu organisasi  demi mempertahankan eksistensinya dalam dunia keorganisasian. Begitu pula yang dilakukan oleh organisasi KSR PMI UNHAS, organisasi kemanusiaan yang belum lama ini merayakan hari lahirnya yang ke 25 tahun, saat ini dalam prosesi perekrutan anggota baru untuk menjaring bibit-bibit potensial yang tentunya diharapkan untuk mampu meneruskan roda perjuangan di organisasi ini.

Prosesi penerimaan anggota baru atau yang lebih dikenal dengan nama Pendidikan Dasar (DIKSAR XXIII KSR PMI UNHAS) telah berlansung dari tanggal 17 Februari hingga saat ini talah memasuki tahap indoor atau pemberian matari kepada calon anggota (cata) baik itu materi yang bersifat internal ke KSR an ataupun materi yang bersifat eksternal ke Palang Merah an secara umum. Pemberian materi ini berlangsung di gedung PSC lt.2 dengan pemateri pertama di isi oleh mantan Ketua KSR periode 2015 kanda Dian purnamasari dengan materi kerangka Berfikir Ilmiah. Indoor kali ini berlangsung selama dua pekan yang berlangsung pada hari jumat hingga minggu malam di setiap pekannya di mulai pada pukul 08:00 pagi hingga pukul 21:00 malam. Dengan adanya indoor ini diharapakan menjadi bekal awal bagi calon anggota untuk berkiprah di dunia kemanusiaan. Ilmu itu bersifat dinamis artinya organisasi ini mengharapkan adanya peningkatan kapasitas pengetahuan calon anggota dalam dunia kemanusiaan seiring meningkatnya intensitas keaktifan mereka dalam organisasi ini. 

Kepanitiaan yang digawangi Kanda Jumatang (MIPA-BIOLOGI 2014) ini patut di apresiasi pasalnya dalam kesibukan akademik teman-teman panitian masih tetap fight dan konsisten dalam menjalankan kepanitiaannya. Keaktifan panitian seratus persen sangatlah sulit untuk di wujudkan, namun jangan berkecil hati sebab pertahanan kedua setelah kuantitas adalah kualitas, tetap menjaga semangat dan menyemangati adalah hal yang penting dalam kepanitian. Dan selalu ingat bahwa ini adalah proses penerimaan anggota baru keluarga KSR PMI UNHAS bukan keluarga baru panitia. Jadi keluarga besar KSR PMI UNHAS juga memiliki andil besar dalam prosesi ini, kepanitiaan jangan dipahami dalam konteks individu yang menerima SK saja, sehingga memperkecil ruang kreatifitas panitia hanya karena alasan kekurangan anggota. libatkan keluarga baik dalam tataran ide ataupun dalam hal lain yang pastinya dalam koridor-koridor yang disepakati bersama.

Penentuan lokasi outdoor masih dalam tahap ceklok ada dua obyek lokasi yang masuk pertimbangan pantia pertama lokasi yang berada di Kab. Barru dan di Kab. Pangkep. Sabtu, pagi tadi Korlap (kanda Malik), SC (kanda Fajar) bersama anggota yang lain menuju lokasi outdoor tersebut. Dimanapun lokasinya semoga bisa menjadi tempat yang kondusif untuk mempraktekkan materi-materi yang sudah didapatkan di kelas indoor.

Dengan tema “Reaktualisasi nilai-nilai kemanusiaan menuju kader yang professional” diharapkan angkatan kali ini mampu menjadi  kader-kader yang militan, menakar diri dalam kemampuannya masing-masing, mengembangkan potensi tersebut dan menerapkannya dalam berbagai bidang kehidupan terkhusus dalam bidang kemanusiaan. Jadi sudah seharusnyalah tema ini menjiwai  setiap item kegiatan DIKSAR XXIII agar tujuan yang diharpkan dapat tercapai. Jangan sampai hanya menjadi sebuah jargon keanggkuhan beretorika tanpa memahami makna dan tidak menjiwai disemua lini kegiatan.  Dalam kasus ini semua potensi baik itu Steering Committee sebagai ruh dari kepanitiaan dan panitian itu sendiri sebagai pelaksana harus merefleksikan nilai-nilai kemanusiaan yang profesional. Sebab ada kata pepatah yang mengatakan bahwa Buah jatuh tidak jauh dari Pohonnya. Sangat sulit mengajarkan sesuatu yang kita sendiri belum pahami. Dan perlu kiranya kita menyamakan persepsi bahwa kata profesional itu bukan hanya dalam tataran ketepatan waktu saja, tetapi menepaptkan diri pada perannya masing-masing sehingga tidak terjadi ketimpang tindihan prilaku akan labih baik lagi.

Selamat mengikuti prosesi penerimaan ini, sampai ketemu dalam bingkai keluarga besar KSR PMI UNHAS… (18/3/2017)


Muh. Yusuf Weandra
KSR-UH.XIV.011



Posting Komentar

 
Back To Top