INFO MARKAS

Share Your Mind #06 "GAUL,, Tidak Harus BUNUH DIRI"


Oleh : Nur Ariska dan Megawati
PMR MA DDI Cambalagi

Hai, Assalamu’alaikum teman…!!!!
Salam kemanusiaan dan salam kenal..
Biarpun kita belum pernah kenalan, tapi tidak ada salahnya kaan kalau kita berbagi. Apalagi berbagi pengetahuan, kan asyik. Merapat yuuk, liat karya anak bangsa berikut ini!!!.
Judulnya: GAUL,, Tidak Harus BUNUH DIRI
Teman! Kalian tahu tidak, sekarang ini kalian tengah memasuki fase perkembangan yakni fase transisi. Yah, fase remaja. REMAJA adalah masa peralihan dari masa anak-anak menuju dewasa. Masalahnya banyak diantara teman-teman sebaya yang mengaanggap bahwa pada fase remaja mereka sudah dewasa. Padahal teman-teman pasti tahu bahwa masih banyak hal yang harus dipersiapkan untuk memasuki masa dewasa tersebut. Iya kan teman-teman!
Sekarang, banyak dari remaja yang melakukan berbagai hal hanya karena ingin diakui oleh sekelompok temannya. Berani, gagah, dan apalah apalah… yang jelasnya diakui oleh temannya bahkan tidak urung melalaikan nasehat-nasehat orang tua. Untung aja, kalau melakukan hal-hal yang baik, tapi kalau buruk, gimana teman? Contoh nya aja merokok, minum minuman keras, memakai obat terlarang. Apa tidak sayang tuuh terhadap diri sendiri? Uang juga belum punya, masih minta ama orang tua kaan? Mau sampai kapan?.
Sadar nggak sih, bahwa hidup ini adalah anugerah terindah yang patut disyukuri, sebuah pemberian yang sangat berharga dari Allah swt.Maka seharusnya kita dapat memaksimalkan hidup ini untuk mengabdi pada Sang Pencipta. Kan jelas sekali dalam Al-Qur’an bahwa manusia diciptakan untuk menyembah kepadanya; (Qs. Adz-dzariyat 56)
Tapi apakah mungkin? kita bisa menjalani hidup indah sesuai tuntunan ilahi jika kita bodoh, laload dan terjangkit berbagai penyakit yang hanya menjadikan imunitas tubuh kita menjadi melemah.
Nah teman, bicara masalah contoh yang tadi, maka penyalahgunaan obat terlarang ataupun narkoba menjadi  hal yang tidak asing lagi ditelinga kita. Penggunanya tidak hanya di kota-kota loh teman, tapii sudah sampai ke desa-desa. Dan parahnya lagi niiih, umur para pengguna rata-rata anak remaja, berpengetahuan ataupun tidak, semua sama.
Mereka tak berpikir panjang atas apa yang ingin dilakukan, yang mereka pikirkan hanya ingin merasakan, mencoba, dan mengetahui apa yang belum di ketahuinya. Seperti itulah sepenggal jawaban dari teman yang saya tanya, alasan mereka untuk berbuat demikian. Mereka tak memikirkan, bahwa anak remaja sekaranglaah yang akan menjadi generasi penerus bangsa. “kalau bukan kita, siapa lagi??” mungkin slogan inilah yang pantas untuk diberikan pada mereka, tidak hanya di perdengarkan tapi kalau bisa, terpatri dalam jiwa dan hati nurani masing-masing remaja agar mereka sadar akan berartinya mereka bagi bangsa ini. Sebagaimana ungkapan Bung Karno, “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan ku cabut semeru dari akarnya. Dan berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kugoncangkan dunia beserta isinya”. Nah dari perkataan itu, tahu tidak makna dari kalimat yang dilontarkan?? Tentu kalian tahu kan, secara… anak Indonesia kan cerdas, apalagi anak PMR, hehehe..
Lanjut pembahasan yuuk..!!
Dari kalimat diatas, kita bisa tahu bahwa peran remaja sangat penting untuk masa depan karena mereka adalah garda terdepan dalam perkembangan peradaban suatu bangsa. Jadi, kita sebagai remaja yang mengetahui bahwa ini yang benar dan ini yang salah, tidak ada salahnya kaan, jika kita saling mengingatkan satu sama lain dan mencoba saling berbagi pengalaman. Kalau tidak bisa berbagi, setidaknya jadi contohlah buat teman sebaya kita.
Jika kita lihat dari remaja sekarang, banyak yang melakukan hal yang buruk dengan alasan pencarian jati diri. Padahal bagi kami pencarian jati diri itu adalah upaya untuk mengenali identitas pribadi dan mengembangkan potensi diri. Nah teman! kalian mau tidak, mencari jati diri dengan mencoba sesuatu yang baru, tapi dampak negatifnya lebih banyak dari dampak positifnya.? Pasti tidak mau kaan..?? bukannya mencari jati diri kawan, tapiii malah BUNUH DIRI. Betul tidak.??? Betul betul betul… yah, gimana tidak bunuh diri, udah tahu salah, ngapain masih mencoba??? Bukannya dapat pengalaman, tapi malah dapat kemalangan. Iya nggak?? Iya aja deeeh!!! hehehe
Teman!! Tahu tidak, kenapa malah kemalangan yang kita dapat?? Saya yakin teman-teman pasti tahu jawabannya. Bagaimana tidak, di luar sana begitu banyak yang menjadi korban penyalahgunaan narkoba yang masih bertahan hidup tetapi “bagai mayat hidup” dalam kondisi demikian lagi-lagi mereka menjadi beban keluarga, atau bahkan menjadi beban Negara.
Wajar memang, mengingat narkoba ataupun obat terlarang dapat mengakibatkan komplikasi seluruh jaringan tubuh atau bahkan kematian. Contohnya nih yaa, gangguan system syaraf, jantung, gangguan pada darah, dll. Itu baru secara fisik looh, masih ada dampak psikologis dan social ekonominya. Seperti, gangguan kejiwaan (paranoid), mudah emosi, curigaan, dan banyak pula masalah keluarga yang timbul, bahkan dalam lingkungan masyarakat pun masalah mudah terjadi. Kalau sudah begini, apa kata dunia kawan? apa masih mau mencoba?
Oh iya, ada yang kelupaan niih teman. Kalau kita sudah terbiasa menggunakan narkoba, kita tidak dapat hidup normal lagi. Secara, kan sudah ketergantungan. Kebayang nggak teman, kalau hidup kita nggak normal hanya karena narkoba.???kemana-mana harus bawa narkoba, apa nggak rempong tuuuh..??? hehehe
Ada tambahan niih.. lanjut yuuk.!!!
Narkoba juga dapat menyebabkan kanker kawan, tahu kaan.?? Kanker ini bukan hanya organ pada tubuh, tapi juga pada kantong alias kantong kering. Hehehe…
Nah, kan kita sudah tahu apa aja dampak dari penyalahgunaan narkoba. Jadi, mari teman-teman kita bentengi diri dari jeratan narkoba dengan cara, meningkatkan kedekatan kita pada sang khalik, membangun komunikasi dengan orang tua, menjaga diri dari pergaulan bebas, dan menyibukkan diri dengan kegiatan yang bermanfaat baik di lingkungan sekolah maupun dalam masyarakat. Saatnya untuk  tidak lagi menzalimi diri sendiri. Emang siiih, kita hidup untuk mati, tapi jangan cari mati juga kali’.
Udah dulu yah kawan, capek nih, ujung jari sudah mulai kaku.
Ingat yaah, jangan hancurkan masa depan kalian dari sekarang, masa depan kita kaan masih panjang!! “kalau bukan sekarang, kapan lagi.??”
Remaja yang sehat kan yang peduli sesama. Jadi, jangan lupa yaah kalimat terakhir dari kami untuk seluruh remaja Indonesia…
SAY NO TO DRUGS”         
Wassalam, Salam Kemanusiaan..!!


1 komentar :

  1. “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan ku cabut semeru dari akarnya. Dan berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kugoncangkan dunia beserta isinya”. mantap...................

    BalasHapus

 
Back To Top