INFO MARKAS

YOUTH PEER CAMP 2013 (Menyatukan Hati, Menghargai Perbedaan)


(23-28/4/2013)-“Tenda terbongkar.... sayonara cinta.....”, merupakan penggalan lagu “Cinta Patok Tenda” yang sering dinyanyikan oleh peserta Youth Peer Camp 2013. Setelah selama kurang lebih 6 hari (23-28/04/2013), 14 SMA/SMK se-Sulselbar berada di lingkungan IPTEKS dan PKM Unhas untuk mengikuti kegiatan dan lomba-lomba dalam YPC 2013 demi memperebutkan piala. Tetapi sebenarnya tujuan diadakannya YPC 2013 adalah untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama anggota PMR Wira se-Sulselbar maupun antara KSR PMI Unhas dan peserta YPC 2013 itu sendiri.

Piala-piala yang disiapkan untuk para Pemenang Lomba YPC 2013

Berawal dari check in peserta sebanyak 14 sekolah, 15 kontingen di sebelah Gedung Pertemuan Alumni (GPA) pada tanggal 23 April 2013, tenda-tenda dari masing-masing sekolah pun terbentang, kemudian dilanjutkan dengan Pembukaan yang diadakan di Anjungan Danau IPTEKS Unhas pukul 16.00 WITA.

Pembukaan YPC 2013 

Pukul 20.00 WITA, Technical Meeting (TM) antara stearing, penanggung jawab kegiatan, panitia, serta perwakilan setiap kontingen di gedung GPA, membahas aturan umum serta teknis dari masing-masing lomba.

Technical Meeting untuk persiapan Lomba esok harinya....

Adapun beberapa kegiatan dan lomba-lomba dalam Youth Peer Camp 2013 adalah :

1. Pelatihan Pendidikan Remaja Sebaya (PRS)
Pelatihan PRS merupakan kegiatan inti dari YPC 2013, dilaksanakan di gedung GPA dari tanggal 24-27 April 2013. Pelatihan ini diikuti oleh 2 perwakilan peserta dari setiap kontingen. Sementara pemateri dari pelatihan PRS berasal dari alumni pelatihan Fasilitator KSR PMI Unhas, alumni Pendidik Remaja Sebaya Bali (Peraya Bali), BKKBN Makassar, BNN Makassar, serta ada pula testimoni dari mantan pecandu narkoba. 

Peserta Pelatihan PRS sedang mengikuti salah satu materi PRS

Dalam pelatihan ini, tak ada juara 1, 2, dan 3, melainkan peserta terbaik 1, 2, dan 3. Untuk peserta terbaik pertama diraih oleh Ika Rukmawati (SMAN 3 Lau Maros), terbaik kedua oleh Siti Maryam (MAN Baranti), dan terbaik ketiga diraih oleh Ian Juliantara (SMKN 2 Parepare).
Ika-Maryam-Ian (Peserta Terbaik Pelatihan PRS)

2. Speak Your Mind (SYM) 
Lomba ini dilaksanakan dari tanggal 24-27 April 2013 di Forum Bersama Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Hasanuddin (Forbes PKM Unhas). Kegiatan ini merupakan salah 1 item lomba dalam YPC 2013, yang diikuti oleh 2 perwakilan peserta dari setiap kontingen. Awalnya, peserta dari masing-masing sekolah mengumpulkan paper yang bertemakan “Remaja Masa Kini” saat pendaftaran ulang YPC 2013, kemudian, selama 2 hari pertama, peserta diberikan materi seputar kepemimpinan, motivasi, komunikasi efektif (speaking with love), dan problem solving. Lalu, di hari ketiga, peserta mempresentasikannya di depan peserta lain dan juri, lalu didiskusikan bersama. Juri berasal dari KSR PMI Unhas. 

Dua peserta SYM yang sedang mempresentasikan papernya

Ini dia para juara SYM........ 

Juara 1 : SMAN 1 Parepare, Juara 2 : SMAN 5 Tanralili Maros, dan juara 3 : SMK Kes. TNI AL

3. Cerdas Cermat PRS (CC PRS)
Lomba CC PRS dilaksanakan di Pelataran Gedung IPTEKS Unhas pada tanggal 24 dan 26 April 2013. Materi yang diujikan adalah seputar kepalangmerahan dan PRS. Peserta berjumlah 3 orang dari masing-masing kontingen. Awalnya, di babak penyisihan, para peserta dari 15 kontingen disisihkan menjadi 10 kontingen untuk maju di babak semifinal, kemudian disisihkan kembali menjadi 5 kontingen untuk bertanding di babak final, dan akhirnya, di babak final, 5 kontingen beradu cepat untuk mendapatkan gelar juara 1, 2, dan 3. Juri sendiri berjumlah 3 orang yang berasal dari PMI dan KSR PMI Unhas. 

  Peserta CC yang bertanding untuk masuk dalam babak Final 

Para Juri lomba CC

Juara 1 :  SMAN 3 Lau Maros, juara 2 : SMK Darussalam (B), dan juara 3 : SMAN 1 Takalar.

4. Traveling PRS
Lomba Traveling PRS merupakan item lomba YPC 2013 yang terdiri dari 7 pos, yaitu : Kepalangmerahan, Pertolongan Pertama (PP), Remaja Sehat Peduli Sesama (RSPS), Kesehatan Remaja (Kesja), Ayo Siaga Bencana (ASB), Kepemimpinan, dan Donor Darah (DD). Lomba ini dilaksanakan di sekitaran danau Unhas pada tanggal 24 dan 25 April 2013. Pesertanya adalah 5 orang dari setiap kontingen. Awalnya, di hari pertama, 1 peserta dari perwakilan setiap kontingen yang mengikuti lomba Traveling PRS akan mengikuti Life Skill Station (LSS), adapun kelas-kelasnya sama dengan 7 pos di atas. Setelah LSS, pada hari kedua, traveling PRS dilaksanakan. Setiap 5 peserta dari 15 kontingen akan memasuki 7 pos yang telah ditentukan selama 15 menit dalam 1 pos. Dalam setiap pos, akan diberikan soal tertulis dan games-games yang berkaitan dengan pos masing-masing. Pemandu setiap pos berasal dari PMI dan KSR PMI Unhas. 

 Peserta sedang mengikuti LSS

Salah 1 pos dalam Traveling PRS (Pos PP)

Berikut ini adalah para juara dari setiap Pos dalam Traveling PRS.....
1) Pos Kepalangmerahan

Juara 1 : SMK Darussalam (B), Juara 2 : SMK Kes. TNI-AL, Juara 3 : SMAN 4 Bantimurung

2) Pos Pertolongan Pertama (PP)

Juara 1 : MAN Baranti, Juara 2 : SMAN 4 Bantimurung, Juara 3 : SMAN 3 Lau Maros

3) Pos Remaja Sehat Peduli Sesama (RSPS)

 Juara 1 : SMAN 4 Bantimurung, Juara 2 : MAN Baranti, Juara 3 : SMAN 1 Parepare

4) Pos Kesehatan Remaja (Kesja)

 Juara 1 : SMKN 2 Parepare, Juara 2 : SMK Darussalam (B), Juara 3 : SMK Kes. TNI-AL

5) Pos Ayo Siaga Bencana (ASB)

 Juara 1 : MAN Baranti, Juara 2 : SMK Darussalam (B), Juara 3 : SMAN 1 Parepare

6) Pos Donor Darah (DD)

 Juara 1 : MAN Baranti, Juara 2 : SMAN 5 Tanralili Maros, Juara 3 : SMK Darussalam (A)

7) Pos Kepemimpinan

Juara 1 : SMAN 1 Takalar, Juara 2 : SMAN 1 Enrekang, Juara 3 : MAN Baranti

5. Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE)
KIE terbagi atas 2, yaitu : lomba mading dan desain poster. Pesertanya sendiri adalah 3 orang dari masing-masing kontingen. Bertempat di pelataran IPTEKS, tanggal 24-25 April 2013 (mading), dan tanggal 27 April 2013 (desain poster). 

Untuk mading, pada hari pertama(08.00-12.00 WITA), peserta diberikan materi oleh UKM Identitas Unhas tentang tata cara pembuatan mading dan layout (tata letak mading), kemudian peserta diberitahukan mengenai tema madingnya yaitu “remaja sehat peduli odha” dan diberi waktu untuk mempersiapkan bahan-bahan serta materi madingnya. Di hari kedua, pukul 08.00-10.00 WITA, peserta membuat mading, kemudian pukul 10.00-selesai, 1 perwakilan peserta dari masing-masing kontingen maju ke depan untuk mempresentasikan madingnya dan dinilai serta dikomentari oleh juri yang berasal dari UKM Identitas Unhas dan KSR PMI Unhas. 

--Materi Mading (24/4/2013)

Peserta Lomba Mading sedang menerima materi seputar mading

Diskusi Layout Mading

--Lomba Mading (25/4/2013)

Peserta sedang menyelesaikan madingnya

Pemenang lomba mading....

Juara 1 : SMAN 1 Takalar, juara 2 : SMAN 1 Parepare,  juara 3 : SMKN 2 Parepare

Sementara untuk lomba desain poster, peserta terlebih dahulu diberikan materi tentang poster oleh pemateri dari KSR PMI Unhas, kemudian diberitahukan temanya, lalu lomba, dan dinilai oleh juri yang berasal dari KSR PMI Unhas.

--Materi Poster

Peserta Lomba Poster sedang menerima materi Poster
--Lomba Poster

Peserta sedang menyelesaikan posternya

Pemenang lomba desain poster.....

Juara 1 :  SMAN 1 Parepare, juara 2 : SMK Darussalam (A),  juara 3 : SMAN 5 Tanralili Maros

6. Pungut Gembira
Pungut Gembira merupakan salah 1 lomba dalam YPC 2013 yang bersifat peduli lingkungan. Pesertanya adalah 5 orang dari setiap kontingen, dimana 1 orang adalah leader. Lomba ini dilaksanakan pada tanggal 26 April 2013 yang berlokasi mulai dari GPA à  Workshop à PK 7 à Pintu 1 à GPA.  Sebelum aksi pungut gembira ini dimulai, peserta terlebih dahulu diberikan soal tertulis tentang kepalangmerahan, tim yang berhasil menyelesaikan soal-soal tersebut lebih awal akan langsung dibagikan 2 kantong sampah (organik dan non-organik), kemudian diarahkan menuju lokasi pungut gembira. Dalam kegiatan ini, yang dinilai adalah ketepatan dan kecepatan mengerjakan soal tertulis, kekompakan, dan berat sampah. 

peserta sedang mengerjakan soal tertulis

 mengumpulkan sampah sebanyak-banyaknya

 sesampainya kembali ke GPA, sampah masing-masing peserta ditimbang

Pemenang lomba Pungut Gembira....

Juara 1 : SMAN 1 Enrekang, juara dua : SMAN 1 Baraka,  juara 3 : SMKN 2 Parepare

7. Youth Got Telent (YGT)
YGT merupakan ajang bagi setiap kontingen untuk menampilkan bakat-bakat mereka, mulai dari pementasan drama, pembacaan puisi, vocal group, nyanyi solo, dan menari. Peserta sendiri adalah maksimal 10 orang yang berasal dari peserta inti setiap kontingen. Lomba ini dilaksanakan di Anjungan Danau Unhas pada tanggal 24-26 April 2013 dari pukul 20.00-23.00 WITA. Pada lomba ini, setiap harinya tampil 5 kontingen yang telah diacak oleh panitia. Jurinya sendiri berasal dari UKM Teater Kampus Unhas (TKU), UKM Tari Unhas, dan UKM Paduan Suara Mahasiswa Unhas (PSM). 


salah 1 kontingen mementaskan sebuah drama

Pemenang lomba Youth Got Talent...

Juara 1 : SMAN 4 Bantimurung, juara 2 : SMAN 1 Takalar,  juara 3 : SMAN 1 Parepare

8. Aksi Remaja
Kegiatan ini meliputi Donor Darah (DD) dan Kami Remaja Kami Peduli ODHA. Untuk DD, dilaksanakan pada tanggal 24 April 2013 di teras GPA. Pendonor berasal dari peserta, pembina, dan tim hore dari setiap kontingen yang memenuhi syarat untuk donor. Dalam kegiatan ini, dihasilkan 6 kantong darah. Sementara kegiatan Kami Remaja Kami Peduli ODHA tidak terlaksana karena ketidakhadiran dari ODHA yang seharusnya memberikan testimoni kepada peserta SYM dan Pelatihan PRS.

suasana donor darah

9. Outbond Mania (OM)
Outbond Mania merupakan ajang bagi peserta untuk bersenang-senang dan lebih mengakrabkan diri dengan peserta serta panitia. Dilaksanakan pada tanggal 27 April 2013 di sekitaran camp peserta. Dalam kegiatan ini, pesertanya adalah 10 orang dari setiap kontingen (peserta inti dan penggembira). Ada 7 pos dalam OM, diantaranya : Bakiak, Pindahkan Air, Voli Buta, Kapal Karam, Lindungi Putri, Pipa Bocor, dan Timba Pimpong.

 Permainan Lindungi Putri

Permainan Pindahkan Airnya

10. Kontingen Favorite
Dalam Kontingen Favorite, setiap kontingen diberikan formulir yang diisi setiap harinya, meliputi keadaan setiap kontingen per harinya, saran untuk panitia, dan tentunya 1 kontingen yang mereka pilih untuk kategori  kontingen favorite.

Pemenangnya adalah...

Kami segenap keluarga besar KSR PMI Unhas mengucapkan : Selamat kepada juara umum 1, 2 dan 3 YPC 2013........ 

Juara umum 1 : SMAN 1 Parepare, juara umum 2 : SMAN 1 Takalar,  juara umum 3 : SMK Darussalam (B)

Sayonaraa...... :)
Sampai Berjumpa di Youth Peer Camp 2015.....





 'Olmet-023

 
Back To Top