INFO MARKAS

AKSI RELAWAN 2019


                         AKSI RELAWAN 2019 KSR PMI UNHAS
Desa Lambuno, Kecamatan Katoi, Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara

          Aksi Relawan merupakan kegiatan tahunan KSR PMI UNHAS, yang dimana kegiatan ini merupakan kegiatan Bakti Sosial.  Kegiatan Bakti Sosial ini telah diselenggarakan sejak tahun 1998 yang pada saat itu kakanda Dr. Ismail Kamba, S.KM.,M.Kes, menjabat sebagai ketua KSR PMI UNHAS, namun pada saat itu nama kegiatannya bukan Aksi Relawan melainkan “Relawan Peduli” yang digunakan hingga tahun 2010. Kemudian pada tahun 2011 yang pada saat itu kakanda Anwar, S.T.,M.Si, menjabat sebagai Ketua terjadi pergantian nama menjadi “Aksi Relawan” yang diadopsi hingga sekarang, dan hingga saat ini telah dijadikan agenda rutin tiap tahun. Kegiatan ini pulalah yang menjadi salah satu kegiatan terbesar KSR PMI UNHAS yang dikoordinir oleh Bidang PPM, apalagi di tahun ini Aksi Relawan di laksanakan di dua tempat yang berbeda jauh hingga lintas Provinsi. Rangkaian pertama diadakan masih di Kota Makassar tepatnya di Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar yang diselenggarakan pada tanggal 23 Juni 2019 dan kegiatan puncaknya diadakan di Provinsi Sulawesi Tenggara, tepatnya di Desa Lambuno, Kecamatan Katoi, Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara pada Tanggal 28-30 Juni 2019 .
Desa Lambuno, Kecamatan Katoi, Kabupaten Kolaka Utara ini dipilih sebagai lokasi Aksi Relawan 2019 dikarenakan Desa ini merupakan salah satu Desa yang baru mengalami pemekaran dan masih tergolong desa yang jauh dari area kota. Karena alasan itulah kenapa Desa Lambuno ini dipilih dan alahamdulillah masyarakat di sana menyambut dengan sangat baik kegiatan ini terutama Kepala Desa Lambuno yaitu Bapak Masykuri Yasir, S.H yang telah menyambut dan memberikan kesempatan kami berkegiatan di Desanya dengan sangat baik serta penuh kesabaran memberikan kami pelayanan selama di sana mengingat kami yang berangkat ke Desa Lambuno sebanyak 51 orang. Pada tanggal 26 Juni 2019 sebanyak 38 orang diberangkatkan ke lokasi menggunakan akomodasi Bus dan kapal laut. Akomodasi darat sebanyak 7 orang yang berangkat dari Kabupaten Luwu Timur pada Tanggal 28 Juni 2019, dan tim perintis sebanyak 6 orang yang berangkat lebih awal pada tanggal 22 Juni 2019 menggunakan akomodasi motor dan kapal laut.
Dalam kegiatan ini KSR PMI UNHAS juga bekerjasama dengan beberapa tim medis yaitu Relawan Kesehatan Makassar (REKAN Makassar) sebanyak 6 orang dan PSC 119 Luwu Timur sebanyak 4 orang. Selain bekerja sama dengan beberapa tim medis  KSR PMI UNHAS juga bekerja sama dengan beberapa media partner yaitu Fajar, EBS FM Unhas, dan Identitas Unhas. Dalam kegiatan Aksi Relawan 2019 ini disponsori juga oleh Bank Indonesia (BI), Kalla Group, Indofood, PT. Maruki, Unit Transfusi Darah Provinsi Sulawesi Selatan. Dinas Kesehatan Kolaka Utara, Puskesmas Kecamatan Katoi, ASDP Indonesia Ferry, dan tentunya Universitas Hasanuddin. Tanpa kerjasama dan sponsor dari beberapa pihak tersebut kegiatan ini tidak akan terlaksana dengan baik dan tepat waktu. Mengingat pula kegiatan Aksi Relawan 2019 KSR PMI UNHAS kali ini diadakan lintas Provinsi untuk pertama kalinya tentu membutuhkan tenaga yang besar dan kerjasama yang baik antar semua tim untuk menyukseskan semua rangkaian kegiatannya dengan baik.
          Adapun Rangkaian kegiatan Aksi Relawan kali ini tidak terlalu jauh berbeda dengan  tahun-tahun kemarin. Dimana rangkaian yang pertama merupakan Penanaman Mangrove, Penyuluhan Lingkungan Pesisir dan Pemeriksaan Golongan Darah yang pelaksanaannya masih berada di Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar pada tanggal 23 Juni 2019. Penanaman mangrove ini diadakan karena permintaan dari salah satu sponsor dari kegiatan Aksi Relawan kali ini menginginkana ada beberapa rangkaian kegiatan yang diadakan di Kota Makassar. Kemudian pada tanggal 28 Juni 2019, dibukanya kegiatan Aksi Relawan 2019 KSR PMI UNHAS di Desa Lambuno, Kecamatan Katoi, Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara yang merupakan rangkaian kegiatan puncak di Aksi Relawan Kali ini. Pembukaan kali ini dihadiri oleh perwakilan Ketua Panitia Aksi Relawan 2019, Ketua KSR PMI UNHAS 2019, Kepala Desa Lambuno, dan Bapak Camat sekaligus membuka kegiatan ini. Rangkaian kegiatan Aksi Relawan di Kolaka Utara ini meliputi, Penyuluhan PHBS, Penyuluhan TOGA (Tanaman Obat Keluarga),Sosialisasi Pentingnya Donor Darah, Penyuluhan Pembuatan Pupuk Kompos, Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Geratis (Konseling oleh Dokter, Pelayanan Obat, Pemeriksaan Tekanan Darah, Pemeriksaan Gula Darah, Pemeriksaan Asam Urat, dan Pemeriksaan Kolesterol), Pemeriksaan Golongan Darah, dan Sirkumsisi.
             KSR PMI UNHAS sangat berterimakasih kepada para pihak yang telah bersedia bekerjasama dalam menyukseskan kegiatan ini, semoga kedepannya kita semakin baik dan sukses lagi dalam setiap kegaiatan yang diselenggarakan.  

Posting Komentar

 
Back To Top